3 Alasan Memilih Hosting Indonesia

memilih perusahaan hosting lokal

Ada ribuan perusahaan Hosting baik yang berasal dari dalam negeri atau luar negeri. Keduanya sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun, 3 alasan dibawah ini adalah alsan utama mengapa anda sebaiknya memilih perusahaan Hosting yang berasal dari Indonesia.

1. Bahasa yang Digunakan

Sebgai perusahaan lokal, tentunya bahasa yang dipakai adalah bahasa Indonesia. Hal ini sangat memudahkan kita jika ingin bertanya, melakukan kontrak, komplain atau ingin melakukan bentuk komunikasi di berbagai layanan seperti telepon, surel, chat, atau sms.

Budaya yang sama menjadikan perusahaan tau betul apa yang diinginkan klien. Sehingga, klien tidak perlu menjelaskan secara detail kepada pihak perusahaan apa yang diinginkannya.

Bayangkan jika menggunakan perusahaan dari luar negeri, kita harus menggunakan bahasa Inggris setiap waktu. Kesalahpahaman pun acap kali terjadi karena budaya yang berbeda.

2. Sistem Pembayaran yang Digunakan

Sistem pembayaran ke luar negeri masih terbilang sangat mahal karena harus membayar biaya administrasi dan segala tetek bengek tentang perbankan yang sangat rumit itu. Tak jarang uang yang kita kirim ke luar negeri lebih kecil nominalnya dibanding dengan biaya administrasi yang harus dibayarkan ke bank.

Memang bisa menggunakan layanan PayPal, Google Wallet dan sejenisnya. Namun, banyak perusahaan hosting luar negeri yang tidak menerima pembayaran melalui sistem tersebut.

Jika kita menggunakan perusahaan hosting lokal, pembayaran melalui bank dapat dilakukan secara gratis. Selain itu juga akan membuat mata uang Rupiah akan lebih berharga dan menguat dibanding mata uang lain karena Rupiah yang terus berputar di sistem perbankan dan digunakan dimana-mana.

3. Performa Server dan Layanan

Kecepatan akses dan performa server perusahaan hosting lokal tidak kalah dengan performa perusahaan hosting luar negeri. Hal ini dapat diuji dengan menguji kecepatan akses/ping ke server. mengecek up time server, serta melihat spesifikasi server dan data center yang digunakan perusahaan hosting.

Disamping ketiga alasan utama diatas, ada alasan yang tidak menyangkut masalah teknis. Adalah sebuah alasan sentimentil mengapa saya memilih perusahaan Hosting lokal. Yakni Nasionalisme. Jika kita memilih perusahaan Hosting lokal, maka perusahaan Hosting tersebut akan tumbuh dan tentunya seiring pertmbuhan itu memerlukan sumber daya manusia yang lebih banyak. Sehingga, pengangguran pun berkurang.

Secara tidak langsung kita membantu pemerintah membangun negara ini. Dengan uang yang kita bayarkan ke perusahaan Hosting akan berputar dan beredar di negara sendiri, dari situlah mata uang Rupiah akan menguat dan memiliki nilai yang tinggi.

Jika anda sudah memantapkan diri memilih perusahaan Hosting lokal, maka di artikel Perusahaan Hosting Terbaik Indonesia ini anda akan mendapati beberapa Perusahaan Hosting Lokal yang berkualitas.

Memilih perusahaan hosting

sumber:http://assets-a1.kompasiana.com/

Leave a Reply