Alasan Kamu Harus Membuat Situs Web untuk Bisnismu

Menurut statistik, ada lebih dari 132 juta orang di Indonesia yang dapat mengakses internet atau sekitar 52% orang di Indonesia dapat mengakses internet. Jadi, dapat anda bayangkan sendiri begitu besarnya potensi yang terbuka jika anda memiliki situs web untuk memasarkan produk bisnismu.

kenapa harus punya website untuk bisnis?

sumber: https://www.15five.com/

Entah itu berbentuk barang atau jasa, semua dapat ditaruh di internet. Berikut ini ada 10+1 alasan mengapa membuat situs untuk bisnismu itu sangat diperlukan.

1. Meningkatkan kredibilitas/image bisnis

Begitu mudahnya akses menuju internet di genggaman tangan membuat banyak orang memiligh untuk mencari referensi di internet mengenai suatu produk, atau hal yang ingin mereka lakukan.

Karenanya, jika seseorang menemukan situs web di internet, maka orang itu akan dengan mudah menaruh rasa percaya terhadap suatu produk atau jasa yang memiliki situs web sendiri.

Dengan memiliki situs web yang memiliki ekstensi domain TLD (Top Level Domain) berbayar maka bisnis anda akan mudah meraup kepercayaan masyarakat karena situs web dengan TLD diharuskan untuk membayar sejumlah uang, dan domain situs web kita tidak ada duanya. Sehingga kemungkinan orang “iseng” untuk memalsukannya pun kecil.

Dari situlah orang akan mudah mempercayai produk yang memiliki situs web sendiri. Namun, dengan beberapa syarat, seperti situs web kita harus terlihat terurus, profesional dan up to date. Karena jika situs web kita hanya untuk formalitas tanpa adanya info-info yang di update dan tampilan yang buruk maka orang-orang pun akan mengecap bisnis kita tidak terurus pula.

Jadi situs anda juga menggambarkan bisnis anda.

2. Menghemat uang

Jika anda adalah pelaku bisnis rumahan atau Usaha Kecil Menengah (UKM) yang baru merintis usaha, pasti agak keberatan jika memiliki toko/bangunan sendiri. Biaya untuk membangun atau menyewa toko pastilah tidak sedikit, apalagi jika tempatnya strategis.

Memiliki toko yang letaknya tidak strategis sama saja dengan menghamburkan uang. Karena itulah, toko online hadir. Dengan biaya hanya Rp140.000 per tahun, anda sudah memiliki toko anda sendiri!

3. Menghemat waktu

Memberikan informasi kepada pelanggan anda satu persatu atau melakukan iklan dengan mencetak brosur dan bentuk iklan lainnya selain boros, juga memakan waktu yang tidak sedikit. Karena itulah toko online menjadi solusi.

Dengan situs web, anda dapat memberikan semua informasi mengenai produk atau jasa anda. Anda pun dengan mudah dapat mempromosikannya dengan cara membagikan URL atau tautan ke sosial media. Cukup hitungan jam, sudah banyak pelanggan anda yang mengetahui informasi terbaru tentang bisnis anda.

4. Memudahkan pelanggan mendapatkan info terbaru mengenai produk

Hal ini kurang lebih sama dengan poin ketiga. Pelanggan anda dapat dengan mudah mengakses situs web anda dimana saja dan kapan saja untuk mendapatkan informasi yang anda pasang di situs web anda.

Melalui situs web, pelanggan anda dapat menyortir informasi apa saja yang mereka butuhkan dan tidak membuang waktu untuk melihat brosur cetak yang hanya menyediakan sedikit informasi. Melalui situs web, anda juga dapat menyebarkan informasi mengenai katalog atau penawaran spesial bagi pelanggan anda secara real-time.

5. Dapat diakses kapan saja, dimana saja dan oleh siapa saja

Situs web selalu buka 24 jam. Hanya dengan HP yang terkoneksi internet dalam genggaman, situs anda dapat dibuka kapan saja tanpa harus menunggu jam buka toko. Hal inilah yang akan menguntungkan kedua belah pihak, baik pembeli dan juga penjual.

Anda juga dapat membantu pelanggan anda kalau-kalau mereka membutuhkan bantuan. Dengan begini, anda tidak perlu capek-capek pergi menemui pelanggan untuk menyelesaikan masalah.

6. Mendapat target pasar yang lebih luas

Seperti yang saya jelaskan di poin ke 5, karena situs web dapat diakses secara bebas, maka hal ini juga akan menciptakan peluang yang lebih besar untuk mendapat target pasar/pelanggan yang lebih besar lagi.

Anda tidak perlu mengirimkan informasi, menempelkan poster iklan diseluruh penjuru kota atau bahkan negeri ini untuk memasarkan produk anda. Hanya cukup bagikan tautan anda ke beberapa media massa, dan para pelanggan yang menginginkan produk atau jasa anda cukup membuka situs web anda untuk mengetahui produk atau jasa yang anda tawarkan.

7. Meningkatkan layanan kepada pelanggan

Karena terletak didunia maya, maka anda dapat dengan mudah melayani komplain atau keluhan pelanggan melalui email yang mereka kirimkan. Dengan begitu anda dapat memastikan kepuasan pelanggan dan tidak kehilangan pelanggan karena kesalahan kecil.

Disamping itu, anda juga bisa mencari kelemahan dari bisnis anda sehingga anda dapat memperbaikinya agar bisnis anda dapat lebih berkembang. Anda juga bisa membuat kotak saran untuk bisnis anda dari pelanggan melalui situs web anda. Tentunya hal ini akan menguntungkan anda sebagai pebisnis.

8. Kompetitor anda juga memilikinya

Setiap bisnis pasti memiliki kompetitor. Anda tidak mungkin sendiri dalam menjalankan bisnis. Pasti ada orang lain yang juga memiliki bisnis yang sama. Karena itu untuk menyaingi kompetitor yang ada, dan untuk bertahan dari serangan kompetitor lain anda harus “berperang” secara sehat dengan para kompetitor.

Dengan situs web, anda bisa membuktikan penyedia produk atau jasa mana yang terbaik. Anda dapat membuktikannya dengan memiliki tampilan web yang lebih profesional dan interaktif, layanan yang lebih dan hal lainnya. Namun ingat, kualitas adalah hal utama yang dicari pelanggan.

9. Mudah ditemukan dengan mesin pencari

Dengan memiliki situs web yang resmi dan terdaftar di perusahaan hosting, maka situs web anda akan dapat dengan mudah dicari dan ditemukan dengan mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing dan mesin pencari lainnya.

Hal ini juga akan memudahkan anda dalam mengembangkan bisnis, karena secara otomatis anda “mengiklankan” diri di mesin pencari jika orang yang mengakses internet memasukkan kata kunci yang sesuai dengan situs anda.

10. Lebih aman

Pernah dengar ada toko online yang dibobol maling? belum pernah bukan? karena itulah toko online relatif sangat aman untuk berjualan.

Anda juga tidak perlu takut dengan virus atau hacker, karena masalah-masalah tersebut sudah ada yang mengurus. Yakni perusahaan hosting yang menaungi situs web anda. Jadi, anda tidak perlu repot mengurusi segala hal yang berkaitan dengan software dan hardware tersebut.

11. Mudah dan Murah!

Dengan segala kelebihannya yang sudah saya jabarkan di atas, toko online atau situs web menjadi jawaban bagi banyak kebutuhan. Cara pembangunannya yang mudah dan biaya pengoperasiannya yang lebih murah dibanding toko offline atau toko fisik menjadi jawaban.

Jika anda ingin tahu cara membeli situs web atau domain, anda dapat membaca artikel Cara Membeli Domain untuk mengetahui 5 langkah mudah memiliki sebuah situs web untuk anda.

Namun, jika anda masih ragu dan bingung dalam menentukan mau kemanakah anda memilih perusahaan hosting, anda dapat membaca artikel Ciri-Ciri Perusahaan Hosting yang Berkualitas agar anda tidak bingung lagi harus kemana untuk membangun situs web anda.

Mengapa harus punya situs web untuk bisnis

sumber: http://i.imgur.com/XXNpIMT.jpg

Nah, jika anda sudah tau apa saja ciri-ciri perusahaan hosting yang berkualitas, maka anda dapat membaca daftar Perusahaan Hosting Terbaik di Indonesia yang tentu saja menawarkan berbagai pilihan dan kemudahan dalam membangun situs web anda sendiri.

Leave a Reply