Apa itu Add-on Domain?

Add-on domain adalah sebuah nama domain atau situs web yang dibuat untuk mengarahkan ke sub-direktori sebuah situs web lain.

Add-on domain adalah sebuah

sumber: http://s150.photobucket.com/user/jim_thompson5910/media/work/cointoss.png.html

Contoh kasusnya adalah jika Pak Didi menyewa hosting dari Hoster.co.id dengan memilih paket dengan unlimited disk space yang sudah menggunakan SSD dan unlimited bandwidth pula. Dengan domain utama dididudu.com yang membahas segala jenis hewan.

Karena tak mau rugi hanya memiliki 1 buah situs web saja, maka pak Didi membuat beberapa add-on domain seperti didudadi.web.id, duniadidi.id, dadidi.co dan masih banyak lagi. Namun, ketika ada pengunjung yang mengklik alamat domain add-on pak Didi, maka pengunjung akan diarahkan atau redirect ke domain utama, namun dengan sub direktori.

Kemudian, seorang pengunjung bernama Ani membuka situs dadidi.co karena menemukannya di mesin pencari google dengan kata kunci burung. Saat Ani mengklik tautan tadi, maka Ani langsung diarahkan/membuka laman dididudu.com/burung secara otomatis.

Agak sedikit berbeda dibanding Parked Domain, Add-on domain hampir memiliki tujuan yang sama yakni untuk menaikkan lalu lintas atau traffic menuju situs web add-on maupun situs web utama.

Maka fungsi utama Add-on domain untuk menaikkan traffic atau jumlah pengunjung ke situs web tertentu.

Kelebihan lain yang dimiliki Add-on domain adalah dapat menghemat uang. Karena tidak perlu berlangganan hosting lagi. Add-on domain dapat diletakkan di satu server bersama domain utama.

Saling berbagi bandwidth, disk space dan fitur-fitur lainnya dengan domain utama. Pengurusan melalui cPanel pun menjadi satu dengan domain utama. Sehingga, pengelolaan domain utama dan Add-on domain dapat lebih ringkas.

Namun, karena sifatnya yang saling berbagi bandwidth dan disk space,  maka patut diperhitungkan seberapa banyak bandwidth dan disk space yang dibutuhkan untuk menghidupi kedua domain tersebut.

Karena, jika salah hitung dan prediksi, bisa-bisa bandwidth dan disk space yang ada tidak mencukupi untuk menghidupi kedua jenis domain tersebut. Yang terjadi kemudian jika over quota atau melebihi kuota bandwidth adalah domain utama dan add-on domain tidak bisa diakses oleh pengunjung alias di suspend hingga kuota ditambah atau hingga bulan berikutnya.

Selain bandwidth, disk space jika penuh juga akan merugikan si empunya domain dan add-on domain, karena jika disk space penuh, maka akun hosting anda tidak dapat menerima email karena tidak adanya tempat.

Karena itulah anda harus benar-benar menyiapkan besaran bandwidth dan disk space yang sesuai. Jangan sampai dipertengahan bulan domain anda tidak dapat diakses. Kalau sudah begitu, maka anda sendiri yang rugi bukan?

Namun, tenang saja. Sekarang sudah ada perusahaan hosting bernama Hoster.co.id sama seperti yang dipakai oleh Pak Didi yang memberikan paket hosting unlimited bandwidth dan disk space. Sehingga, anda tidak perlu takut kehabisan kuota bandwidth dan disk space lagi.

Hosting di Hoster murah

Leave a Reply