Apa itu Dedicated Server?

Dedicated server: solusi cepat untuk situs web mapan

sumber: https://i.ytimg.com/vi/jGkNttcQnaQ/maxresdefault.jpg

Bagi anda yang menginginkan untuk memiliki bisnis e-commerce alias toko online, atau bagi anda yang ingin membuat website untuk perusahaan anda sebagai wadah pemasaran sekaligus wadah informasi, ada baiknya untuk membuat situs web sendiri dengan sistem dedicated server. Karena jenis server ini sangat cocok untuk anda yang menginginkan situs web dengan performa prima dengan ruang penyimpanan data yang besar pula.

Lalu apa itu dedicated server yang sedari tadi dibacarakan?

Dedicated server adalah kebalikan dari Shared Hosting yang dapat anda baca di artikel Shared Hosting. Dedicated Server adalah layanan hosting yang dikelola secara khusus untuk seorang klien. Dengan kata lain klien menyewa seluruh server dan tidak membagi penggunaannya dengan klien lain.

Klien dengan dedicated server akan mendapat fasilitas berupa server yang disewa secara terpisah dan berdiri sendiri.  Sehingga penggunaan server lebih fleksibel, memiliki kontrol penuh, termasuk pada pemilihan sistem operasi, perangkat keras sistem, dll.

Layanan dedicated server memungkinkan untuk menjalankan aplikasi berat dengan beban kerja yang tinggi yang tidak dapat dikerjakan oleh Shared Hosting. Biasanya penyedia layanan hosting dedicated server akan menyediakan satu set fisik web server secara lengkap beserta sistem operasinya.

Baca juga: Rekomendasi Dedicated Server Indonesia Terbaik

Untuk mengakses dan mengkontrol secara penuh, anda sebagai klien dedicated server akan diberikan akses akar sehingga klien dapat melakukan perubahan server atau situs webnya sendiri melalui akses yang tersedia.  

Keunggulan lain jika memilih dedicated server adalah anda dapat melakukan tes aplikasi web, layanan hosting, database, dan layanan internet lainnya. Untuk mengaturnya cukup dari meja kerja sedangkan server dan segala jenis perangkat keras yang diperlukan untuk membangun server diletakkan pada penyedia jasa hosting.

Dengan begitu klien tidak perlu bingung mengenai tersedianya perangkat keras yang dibutuhkan untuk membangun server, klien tidak perlu risau mengenai sumber daya server seperti core processor, RAM, Harddisk, media penyimpanan data atau perawatan dan sumber daya listrik server. Klien hanya perlu memberikan daftar kebutuhannya untuk kemudian akan disediakan oleh perusahaan hosting.

Seperti yang sudah disinggung di atas, layanan dedicated server ini cocok untuk kegiatan bisnis dengan skala menengah hingga besar yang menangani lalu lintas pengunjung yang tinggi.

Dedicated server juga mempunyai kemampuan untuk membuat lebih dari satu nama domain alias alamat situs web, membangun sistem layanan surat elektronik yang baik, mempunyai dukungan database yang besar dan software yang tak terbatas alias unlimited. 

Namun, tak ada gading yang tak retak. Secara teknis hampir tidak ada kelemahan, namun  urusan finansial adalah “kelemahan” yang terdapat di layanan dedicated server. Ongkos sewa yang cukup mahal berkisar di angka Rp.500.000,00 perbulan hingga jutaan rupiah perbulan tergantung dengan spesifikasi komputer dedicated server yang disewa, serta pengoperasian dedicated server membutuhkan penguasaan teknologi yang tinggi karena sistemnya yang detail dan kompleks.

Pengetahuan dasar yang wajib diketahui oleh seorang operator dedicated server adalah penguasaan perangkat keras dan lunak server, jaringan dan internet, database, penguasaan masalah dan penyelesaiannya secara cepat dan tepat, serta pengalaman di dunia server jaringan internet.

Bagi perusahaan anda yang tidak memiliki masalah atau ganjalan di bidang finansial maka dedicated server adalah pilihan yang tepat untuk membuat situs web.

Seorang operator dedicated server harus seorang yang ahli

sumber: https://media.defense.gov/2010/Dec/03/2000302873/

Leave a Reply