Apa itu Disk Space?

Apa itu Disk Space?

2 media penyimpanan di Hosting
Sumber: http://www.partitionwizard.com/images/tu30002/clone-hard-drive-ssd-1.jpg

Jika kita memiliki barang, maka kita pasti juga membutuhkan ruang untuk menyimpan atau menaruh barang itu.

Sama halnya dengan jika kita memiliki suatu file di komputer maka kita juga memerlukan ruang untuk menyimpan file-file kita tersebut. Untuk itulah kita memerlukan disk space.

Jadi, sederhananya, disk space adalah ruang atau space yang tersedia atau bisa juga disebut daya tampung atau kapasitas secara keseluruhan yang dapat menampung file-file yang kita miliki di ruang penyimpanan tertentu. Sama halnya dengan flash-disk atau hard disk yang umum kita miliki untuk menyimpan data, namun di perusahaan hosting tentunya ruang yang ada jauh lebih besar dari yang kita miliki.

Di dunia hosting, disk space umumnya disediakan oleh penyedia jasa hosting yang dapat diakses melalui akun hosting yang klien sewa. Perangkat keras yang umumnya dipakai sebagai media penyimpanan ada dua yakni HDD (Hard Disk Drive) dan SSD (Solid-State Disk) masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Bagi anda yang belum paham apa itu hosting anda dapat membacanya di artikel di http://lautanhost.com/apa-itu-hosting/

Beberapa hal yang akan dihitung dalam batasan disk space diantaranya:

  1. Ukuran file yang disimpan dan ditaruh di situs web klien
  2. Upload/Dowload melalui FTP maupun File Manager
  3. Email yang terkirim dan diterima
    Server Harddisk di penyedia jasa Hosting
    Sumber: http://i01.i.aliimg.com/img/pb/418/387/459/459387418_770.jpg

Sebagai informasi tambahan, berikut adalah satuan ukuran data agar anda lebih mudah memahami satuan data sebagai perkiraan atau estimasi seberapa besar ruang yang ada dan seberapa banyak file yang muat didalamnya.

[wpdatatable id=3]

Meski sudah banyak satuan baru yang muncul dengan ukuran yang sangat besar namun belum dijual bebas dan hanya bisa didapat oleh kalangan terbatas karena memang untuk saat ini, untuk konsumsi umum belum terlampau banyak membutuhkan ruang yang begitu besar.

Umumnya, satuan terabyte adalah satuan terbesar yang mudah ditemukan. 1 terabyte sama dengan 1024 gigabyte yang dapat menampung sekitar 900 film dengan kualitas HD!

Tercatat, ruang penyimpanan terbesar saat ini dimiliki oleh Badan Keamanan Nasional atau National Security Agency (NSA) di Amerika Serikat sebesar 1 yottabyte yang membutuhkan ruang sebesar 92.903 m2 atau sebesar 13 kali lapangan sepakbola profesional. Jadi bisa dibayangkan sebesar apa ruangan yang dibutuhkan untuk menyimpan semua data yang ada.

markas NSA, tempat penyimpanan harddisk terbesar, 1 yottabyte
sumber: https://wikimedia.org

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *