Apa itu Hosting?

Secara sederhana, Hosting atau Web Hosting adalah sebuah perusahaan penyedia domain atau situs web atau website yang menyediakan jasa pembuatan, pemeliharaan dan media penyimpanan untuk data-data yang akan kita taruh di situs web yang akan kita buat.

Tiap perusahaan penyedia situs web memiliki penawaran jasa yang berbeda-beda dengan harga yang berbeda-beda pula. Saat ini ada ribuan perusahaan penyedia web hosting baik perusahaan dalam dan luar negeri. Perusahaan-perusahaan tersebut menyediakan pusat server yang berada di dalam dan luar negeri dengan keunggulannya masing-masing.

Penyedia layanan hosting melayani jasa pembuatan situs web untuk berbagai keperluan, baik pribadi, bisnis, sekolah, universitas, organisasi, perusahaan dan berbagai macam peruntukan lainnya. Dengan berbagai jenis layanan yang berbeda-beda pula tergantung kebutuhan klien.

Variasi yang ditawarkan berupa besar ruang penyimpanan, jenis ruang penyimpanan, lebar pita (Bandwidth), jenis server, jumlah domain atau alamat situs web yang diinginkan, jumlah alamat surat elektronik, hingga jumlah pengiriman surat elektronik, anggaran hingga besar lalu lintas data di situs web klien.

Dengan berbagai kelebihan dan kekurangan masing-masing, konsumen yang ingin membuat situs web sendiri seperti dimanjakan dengan berbagai pilihan jasa dan harga yang berbeda pula.

apa itu hosting

Jika ditilik dari sejarahnya, (anda dapat melihat artikel sejarah internet dan hosting  yang lebih lengkap di sini) ide hosting sudah muncul sejak tahun 1962 oleh J.C.R. Lickdiler, seorang akademisi di Massachusetts Institute of Technology (MIT) di Amerika Serikat (AS). Ia menekankan tentang betapa pentingnya sebuah jaringan global yang menghubungkan komputer-komputer di seluruh dunia.

Akhirnya pada tahun 1969, Lawrence G. Roberts dan Thomas Merril berhasil menghubungkan komputer-komputer yang ada di University of California, Los Angeles yang terletak di begara bagian California, negara bagian paling barat di AS, Pusat Riset Universitas Stanford di utara California, University of California, Santa Barbara yang ada di tengah negara bagian California serta University of Utah, di Utah, sebuah negara bagian yang tak jauh dari California.

Dalam kurun waktu 2 tahun, Roberts dan Merril behasil menghubungkan 19 komputer yang dapat saling berinteraksi dan 13 komputer lain yang dapat bergabung. Pada tahun yang sama, Roy Tomlinson berhasil membuat program untuk berkirim surat elektronik.

Di Indonesia, sejarah perusahaan web hosting mulai tumbuh sekitar tahun 1991 dan terus berkembang hingga hari ini. Di alamat ini  anda dapat melihat beberapa daftar web hosting terbaik 2017 

Leave a Reply