Apa itu Shared Hosting?

Makin majunya teknologi dan membaiknya ekonomi membuat semakin banyak orang dapat mengakses internet. Hal ini juga memacu tumbuhnya industri di dunia maya. Berlomba-lombalah orang untuk membuat situs web. Para pengusaha web hosting pun juga berlomba menawarkan jasa web hosting dengan sistem Shared atau berbagi dan Dedicated atau dikhususkan. Di artikel ini akan dibahas apa itu shared hosting dan  Dedicated Server akan dibahas di artikel yang lain.

Jika anda masih bingung apa itu hosting, dalam link ini  anda dapat mengetahuinya.

Seperti namanya, shared hosting adalah layanan hosting dimana sebuah server berbagi fungsi dengan beberapa akun hosting lain dan memakainya secara bersama-sama. Dengan kata lain sebuah server mengolah beberapa domain atau situs web dan beberapa klien sekaligus.

Analoginya adalah seperti kita menyewa sebuah mobil bersama-sama dengan beberapa orang sekaligus. Biaya sewa mobil menjadi lebih murah karena dibagi dengan beberapa orang, namun privasi dan kenyamanannya berkurang karena mobil terisi penuh.

Keuntungan menggunakan shared hosting adalah harganya yang relatif lebih terjangkau, tidak perlu terlibat langsung dalam pengurusan situs web dan tidak perlu khawatir tentang hal-hal teknis yang mempengaruhi performa situs web anda. Sehingga, anda bisa fokus dalam membuat konten dan mengembangkan situs web anda.

Namun shared hosting juga memiliki kekurangan, diantaranya adalah jika situs anda tumbuh secara pesat, pasti akan membutuhkan upgrade ke sistem dengan spesifikasi yang lebih besar agar dapat menampung semua pengunjung situs web anda. Untuk mengupgrade ke Dedicated Server atau VPS (Virtual Private Server) diperlukan biaya tambahan.

Anda juga tidak memiliki kebebasan untuk menyesuaikan server karena tidak memiliki akses penuh terhadap server. Jadi bagi anda yang ingin memiliki kontrol lebih di situs web anda ada baiknya memilih VPS atau Dedicated Server tentunya dengan harga yang lebih mahal ketimbang shared hosting.

Namun jika memang situs web anda sudah besar dengan pengunjung yang besar pula, maka tidak ada salahnya menggunakan VPS atau Dedicated Server karena akan berbanding lurus dengan pemasukan anda dari situs yang anda miliki.

sumber: viablehost.com/

Leave a Reply