Apa itu Unlimited Bandwidth?

Sebelum membahas tentang unlimited bandwidth, apakah anda sudah mengerti apa itu bandwidth?

Sederhananya internet adalah sebuah komputer raksasa yang dipakai oleh orang se-jagad. Kemudian untuk bisa mengakses file yang diletakkan dalam satu komputer dibutuhkan data untuk saling mengambil. Seperti jual-beli.

Lalu saat kita ingin membuka suatu situs web tertentu maka kita harus mengirimkan permintaan dan saat itu kita mengunggah perintah ke situs web yang dituju atau unggah/upload, setelah perintah sampai di server situs web, maka situs web yang dikenai perintah akan mengirimkan data yang diminta atau unduh/download.

Nah, bandwidth adalah jumlah lalu lintas data yang diunggah dan diunduh yang dibebankan kepada server situs web. Jadi jika batasan bandwidth telah tercapai atau melebihi dari batas yang ditetapkan maka situs web tersebut tidak bisa di akses oleh pengguna internet.

Kembali ke pertanyaan utama, apa itu unlimited bandwidth? Seperti namanya, unlimited alias tidak terbatas atau bisa dipakai sepuasnya oleh pengguna. Tapi apakah benar tidak ada batasannya?

Bandwidth ditulis dalam satuan bit, dan pada umumnya dalam satuan megabyte dan gigabyte. Dalam kasus ini, nampaknya sangat mustahil untuk benar-benar tidak terbatas.

Perusahaan web hosting menggunakan kata “unlimited” untuk menggambarkan besarnya kuota yang diberikan kepada klien.

Jadi anda pengguna jasa web hosting tidak perlu khawatir situs web anda tidak dapat di akses karena besar kuota yang ditetapkan oleh perusahaan web hosting ditetapkan di angka yang tinggi di mana kemungkinan kuota bandwidth terlampaui.

Perusahaan web hosting juga sudah mengira-ira bahwa beberapa klien dengan situs mereka tidak akan mencapai batasan “umlimited” bandwidth mereka. Tentunya dengan beberapa peraturan seperti tidak mengizinkan situs web klien mereka untuk menyediakan fitur video streaming.

Angka kuota¬†“unlimited”¬†biasanya berkisar di angka 330 gigabyte hingga 33.000 gigabyte perbulan. Sebuah angka yang sudah sangat cukup untuk menghidupkan situs anda dan memanjakan pengunjung situs anda.

kuota unlimited bandwidth

sumber: http://www.techstartupjobs.com/

Beberapa hal di bawah ini mempengaruhi besar kecilnya pemakaian bandwidth.

1. Tampilan situs web

Ketika situs web di akses oleh pengunjung maka bandwidth di akun web hosting anda akan berkurang sebesar halaman yang di tampilkan. Situs web dengan banyak gambar dan memainkan video tentu akan lebih cepat menghabiskan kuota bandwidth yang disediakan.

2. Unggah dan Unduh

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, 2 hal ini juga merupakan faktor utama dalam menghabiskan kuota bandwidth anda.

3. POP3 dan SMTP

Penggunaan surel atau email klien juga akan memakai bandwidth. Baik mengirim maupun menerima, keduanya akan memotong kuota bandwidth karena prinsip bandwidth adalah seperti jual-beli. Selain itu akses ke cPanel, dan ke laman admin website juga mempengaruhi kuota bandwidth.

Contoh dari pemakaian bandwidth adalah ketika klien memiliki halaman web sebesar 50kb, maka setiap pengunjung ke situs web klien akan mengunduh tampilan web ke komputer mereka sebesar 50kb. Jika ada 100 pengunjung maka tinggal kalikan 50kb dengan 100 jadi kuota bandwidth si empunya situs web akan berkurang 5000kb atau setara dengan 5mb.

perhitungan di atas belum termasuk untuk memuat gambar, teks dan tampilan-tampilan lain yang ada di situs web klien.

Leave a Reply