Apa itu VPS?

Apa itu VPS?

Diagram penjelasan VPS, dedicated server dan shared hosting
sumber: www.gigsgigs.com/

Kepanjangan VPS adalah Virtual Private Server yang berarti Server Pribadi Maya. Adalah sebuah “komputer” maya yang kita sewa dari perusahaan hosting (ada beberapa perusahaan hosting terbaik untuk ada simak di http://lautanhost.com/perusahaan-hosting-terbaik-indonesia/) untuk kita gunakan semau kita. Fungsinya pun seperti komputer pada umumnya, dapat kita pilih Operation System-nya, dapat kita install dengan berbagai software semau kita dan dapat kita perlakukan seperti komputer pribadi.

Perbedaan mendasar dengan komputer pribadi pada umumnya adalah kita tidak memiliki “fisik” komputer. Hal ini dikarenakan “fisik” komputer berada di perusahaan hosting. Untuk mengakses “komputer” kita memerlukan koneksi internet atau bisa juga disebut Cloud Computing.

Tidak hanya sebatas komputer tapi VPS juga bisa berarti sebuah server yang bisa kita sewa untuk membuat situs web dan menjalankan situs web yang memberikan jasa cloud, Software Bot, menjalankan perangkat lunak robot forex untuk trading, dan tentu saja “komputer” pribadi.

Untuk keperluan pribadi, cara kerjanya sama seperti ketika kita menggunakan jasa cloud seperti Google Drive atau DropBox untuk mengunggah file kita, dan saat kita membutuhkan file yang sudah diunggah di cloud, kita tinggal mengunduhnya dimanapun dan kapanpun tanpa harus membawa flashdisk atau ruang penyimpan lainnya.

Hanya saja, VPS bekerja sebagai penyimpanan komputer secara keseluruhan, bukan hanya file yang kita unggah saja. Karena sifatnya yang virtual alias maya, tentu saja “komputer” ini bisa dioperasikan dan diakses 24jam non-stop yang dapat digunakan untuk menyimpan data penting ataupun menjalankan perangkat lunak yang real-time, tentunya selama anda masih berlangganan di perusahaan hosting.  

Karena sifatnya yang menyewa, sebagai klien kita bisa lho request atau meminta spesifikasi komputer maya yang kita inginkan. seperti besar kecilnya Disk Space, memory, jenis processor, Operation System (OS), dan berbagai spesifikasi komputer lainnya.

VPS terhubung ke internet selama 99,9% waktu yang ada (tergantung dengan perusahaan hosting yang anda sewa), termasuk ketika terjadi bencana. Sehingga, klien masih dapat terhubung ke lomputer maya kapanpun dan dimanapun selama masih ada jaringan internet.

VPS biasanya diakses melalui komputer menggunakan perangkat lunak RDC (Remote Desktop Connection) yang biasanya sudah tersedia di sistem operasi Windows.

Beragam kelebihan ditawarkan jika kita menggunakan VPS, beberapa diantaranya adalah kita tidak perlu membeli perangkat keras komputer yang harganya mencapai jutaan rupiah, kita tidak dipusingkan dengan berbagai perawatan komputer, tidak perlu membawa beban berat jika ingin bekerja di luar rumah, dan tentu saja tidak perlu khawatir tentang kehilangan data dan tindak kriminal pencurian komputer atau laptop.

apa itu VPS?
sumber: http://www.problogdesign.com

Kelebihan lainnya adalah anda dapat menggunakan VPS sebagai:

1. Hosting
Bagi anda yang belum paham apa itu hosting anda dapat membacanya di artikel di http://lautanhost.com/apa-itu-hosting/ Web Hosting ditujukan bagi orang yang membutuhkan banyak resource untuk situs web yang akan ia kelola.

2. Tunneling
Tunneling sebenarnya hanyalah sebuah jalur untuk mengelola VPS, khususnya VPS yang menggunakan sistem operasi Linux, tetapi dengan adanya fitur port forwarding, tunneling ini bisa digunakan untuk mengakses internet menggunakan koneksi VPS milik kita.

3. Leech torrent
VPS juga dapat digunakan untuk leecher file-file yang ada di torrent. Karena rata-rata kecepatan koneksi VPS bisa mencapai puluhan megabyte per detik sehingga memudahkan dalam mengambil file-file yang ada di torrent.

4. Encoding video
VPS juga bisa digunakan untuk encode video karena proses ini membutuhkan waktu yang lama, karena itu VPS dipilih karena dapat menyala terus menerus selama 24 jam, bahkan bisa 1 bulan penuh jika perangkat kerasnya mampu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *