Cara Ganti Password WordPress dari cPanel

Mengganti password anda secara periodik adalah salah satu hal yang wajib dilakukan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti bocornya password kepada orang yang tidak bertanggung jawab sehingga menempatkan website yang kita kelola menjadi rentan “di usili” oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Mengganti password secara periodik juga akan menyulitkan orang untuk menebak password anda dan menghindari pembajakan di situs anda melalui cPanel. Karena cPanel berperan sangat krusial bagi website yang anda kelola, dan jika sudah jatuh ke tangan yang salah maka resikonya akan sangat besar. Kemungkinan untuk di recovery atau dikembalikan pun cukup sulit.

cara ubah password lama ke baru

sumber: https://uberflip.cdntwrk.com/

Nah, berikut ini adalah beberapa langkah sederhana untuk mengganti password website anda melalui cPanel:

1. Preferences

Setelah anda membuka laman cPanel website anda, carilah tab ‘preferences’ dan pilih ‘Password & Security’ di gambar di bawah ini yang dilingkari merah

 cara ganti password wordpress

2. Ubah password

cara ganti password cPanel

Setelah anda klik ‘Password & Security’ maka akan muncul laman seperti gambar di atas.

Ketik password lama anda pada kolom ‘old password’ saya tandai nomor 1.

Ketik password baru anda pada kolom ‘new password’ saya tandai nomor 2.

Ketik password baru anda lagi pada kolom ‘new password (again) ‘ saya tandai nomor 3.

Kolom 4 adalah kolom yang menujukkan seberapa kuat password baru anda, semakin mendekati angka 100, maka semakin kuat pula password baru anda.

Buatlah password yang terdiri dari 8-20 karakter, terdiri dari huruf kapital dan non-kapital, angka, dan tanda baca.

Jika anda belum ada inspirasi seperti apa password yang kuat, anda dapat mengeklik tombol ‘password generator’ untuk mendapatkan ide seperti apa password yang kuat itu.  Di bawah ini adalah jendela dari ‘password generator’ yang akan membantu anda membuat password baru yang aman.cara ganti password cPanel

Jika anda sudah yakin dengan password yang dibuat dari ‘password generator’ maka tulislah password itu dan simpanlah di tempat yang aman dan jangan biarkan oranglain mengetahui password anda.

Setelah selesai dan yakin dengan password yang baru, silahkan klik tombol 6 yakni ‘change your password now!’ untuk mengonfirmasi perubahan password anda.

Nah sekarang anda akan menuju ke laman baru, dan dapat membuka cPanel website anda dengan password baru yang baru saja anda masukkan.

Leave a Reply