Cara Memasang Favicon di WordPress

Favicon atau Favorite Icon adalah gambar kecil yang biasanya menjadi simbol suatu website. Favicon juga sering disebut sebagai shortcut icon, website icon, atau bookmark icon karena simbol ini sering muncul di shortcut, dan bookmark di browser kita.

2 gambar yang dilingkari di bawah ini adalah contoh favicon. Seperti yang dilihat, di situs lautan host ini belum terpasang favicon.

cara memasukkan favicon

Favicon ini berukuran sangat kecil. Dari 16×16, 32×32 hingga 64×64 pixel. Karena itulah kita memerlukan favicon generator, atau jika kalian sudah menguasai software pengedit gambar seperti photoshop kalian bisa menggunakannya.

Favicon generator berfungsi untuk membuat gambar yang ingin kita jadikan favicon sesuai dengan ukuran pixel khusus gambar favicon. Jika ukuran pixelnya tidak sesuai, maka gambar yang diupload tidak akan sesuai. Favicon pun tidak bisa dipasang.

Langkah yang pertama dalam pembuatan dan pemasangan favicon adalah membuat gambar favicon terlebih dahulu. 

1. Siapkan gambar favicon sesuai keinginan anda, terserah ukuran pixel berapa saja

2. Buka laman Favicon Generator

3. Upload gambar ke laman favicon generator

cara membuat favicon di wordpress

4. Setelah selesai di ubah resolusinya oleh favicon generator, sekarang saatnya di download.

cara membuat favicon

Kalian bisa memilih untuk menuliskan kode html, atau mendownload file yang akan di kompres menjadi file .zip yang berisi beberapa file favicon dengan resolusi yang berbeda-beda

5. Setelah di download simpan file gambar favicon di folder yang kalian inginkan.

Langkah yang kedua adalah mengupload gambar favicon tadi ke website anda.

1. Buka laman wp-admin anda.

2. Di sebelah kiri, arahkan cursor anda ke bagian ‘Plugins’ yang saya beri angka 1. Kemudian klik ‘Add New’ untuk menginstall plugins yang sudah saya beri nomor 2 seperti gambar di bawah ini.

favicon

3. Ketik ‘All in one favicon’ ke kolom pencarian yang ada di sebelah kanan laman yang sudah saya beri angka 1. Setelah proses pencarian plugins selesai, maka akan muncul hasil pencarian seperti gambar dibawah ini.

Setelah itu klik ‘Install Now’ yang sudah saya beri angka 2.

Setelah proses download dan install selesai, maka tombol ‘Install Now’ tadi akan berubah menjadi tombol berwarna biru dan bertuliskan ‘Activate’. Klik tombol ‘Activate’ tersebut.

cara membuat favicon

4. Setelah anda mengeklik ‘Activate’ maka akan terbuka laman seperti gambar dibawah ini. Pastikan ‘All in one favicon’ sudah ada di dalam daftar.

Setelah itu taruh kursor anda ke bagian ‘Settings’ yang ada dibagian kiri laman yang sudah saya beri angka 1.

Setelah itu klik ‘All in one Favicon’ yang ada di tab ‘Settings’

cara memasang favicon

5. Setelah anda mengeklik tombol ‘All in one favicon’ sekarang saatnya upload gambar yang sudah di download dari Favicon Generator tadi.

Upload gambar melalui bagian ‘ICO Frontend’ dengan mengeklik tombol ‘upload’ untuk memilih dari direktori komputer anda.

Setelah muncul tautan di kolom ‘ICO Frontend’ seperti gambar di bawah ini, klik ‘Save Changes’

cara memasang favicon di wordpress

Nah, sekarang website anda sudah terpasang Favicon!

favicon di wordpress

Selamat mencoba!

Leave a Reply