Cara Membeli Domain

Anda sudah bosan menggunakan domain/blog gratis yang fiturnya terbatas? Anda ingin memiliki situs web yang memiliki performa dan fasilitas yang lebih baik serta layanan bantuan yang tersedia selama 24jam? Maka yang anda perlukan adalah memiliki situs berbayar di perusahaan Hosting yang sudah tersedia dimana-mana.

Namun, jangan bingung memilih perusahaan hosting, di artikel Perusahaan Hosting Terbaik di Indonesia anda dapat membaca daftar perusahaan mana saja yang saya rekomendasikan.

Sebagai contoh, saya akan menggunakan Hoster.co.id untuk membuat tutorial membeli domain.

Dalam tutorial ini, hanya diperlukan 5 langkah sederhana untuk memiliki situs web anda.

cara mendaftar domain1. Buka url hoster.co.id kemudian ketik nama domain yang anda inginkan di kotak yang telah disediakan (Saya beri lingkaran merah) dan pilih ekstensi TLD (Top Level Domain) yang diinginkan (saya beri tanda panah merah).

Setelah diisi, kini klik tombol “cari” untuk mengecek apakah domain yang anda inginkan sudah diambil orang lain atau belum.

cara membeli domain2. Jika domainyang anda masukkan belum dipakai oleh oran lain, maka akan mucul tulisan berwarna hijau yang saya garis bawahi dengan garis merah.

Disini, anda juga bisa merubah ekstensi ke ekstensi lain yang dirasa lebih cocok. Harga yang ditawarkan pun sudah dimunculkan. Jadi anda tidak perlu pusing memikirkan harga yang perlu dikeluarkan.

cara memiliki situs web sendiri3. Sekarang anda akan digiring masuk ke laman Konfigurasi Domain. Disini saya sarankan untuk mengeklik 3 kolom yang ada untuk memaksimalkan layanan (saya beri tanda panah merah), fitur dan performa situs web anda nantinya.

Namun, ada biaya tambahan untuk layanan ini. Disana sudah ada keterangan harga, sehingga anda tidak perlu khawatir tentang adanya biaya yang disembunyikan. 😳

Setelah anda mengeklik 3 kolom, saatnya anda mengeklik tombol “Continue” yang ada di bawah.

cara membeli hosting

4. Anda akan digiring ke laman “review & check out” di sini anda akan diperlihatkan kwitansi digital yang akan memperlihatkan total harga yang akan ditagihkan kepada anda untuk layanan, sewa dan domain dengan masa sewa 1 tahun.

Setelah anda melihat dan mengeceknya agar sesuai dengan keinginan anda, kini klik tombol hijau yang saya lingkari merah “Checkout” untuk melanjutkan proses selanjutnya yakni mengisi identitas diri anda.

cara membeli situs web

cara memiliki domain

5. Isi semua data yang saya beri tanda bintang merah karena diperlukan untuk proses registrasi.

Jangan lupa atur sandi/password rahasia anda. Password yang baik mengkombinasikan huruf besar/kapital, angka dan tanda baca dengan jumlah antara 8-20 karakter.

Anda juga bisa memberikan catatan khusus mengenai transaksi yang akan anda lakukan. Transaksi dilayani dengan cara transfer antar bank, dengan tujuan transfer Bank BCA dan Bank Mandiri.

Sekarang, jika semua sidah selesai, saatnya klik tombol “Complete” yang saya lingkari warna merah.

VOILA! anda akan mendapatkan kuitansi bukti pemesanan anda. Selanjutnya anda hanya perlu membayar biaya yang ditetapkan ke rekening yang telah disediakan dan jika anda memiliki pertanyaan, anda bisa menanyakannya secara langsung dengan operator karena layanan bantuan tersedia 24 jam.

cara membeli situs web

cara memiliki domain

kuitansi

jendela chat untuk bantuan yang aktif 24jam (lingkaran merah)

Leave a Reply