Cara Membuat Website

Cara Membuat Website

Secara garis besar ada dua cara untuk membuat website. Cara mudah dan cara ekstra.

  • Cara yang mudah yakni menggunakan sistem yang sudah jadi melalui CMS
  • Cara yang ekstra  yakni membuat kode sendiri dalam sebuah framework

Tiap pilihan diatas memiliki kelebihannya masing-masing. Cara yang mudah tentu saja sangat menghemat waktu, tenaga dan biaya untuk membuatnya.

Namun, hasil yang didapat pun tidak selalu sesuai dengan ekspektasi kita. Karena menggunakan template yang sudah dibuat, seolah imajinasi dan kreativitas dalam membuat website kita dibatasi oleh template yang sudah dibuat orang lain.

Sebaliknya, cara yang ekstra tentu saja akan menghasilkan website yang sesuai dengan keinginan kita, tidak harus “menurut” pada template yang sudah ada dan tidak ada batasan dalam pembuatannya.

Namun, waktu yang cukup lama diperlukan untuk mempelajari kode-kode, tenaga yang cukup banyak juga sangat diperlukan untuk menulis kode yang panjang, dan jika kita ingin memperkerjakan seseorang yang sudah ahli dalam coding atau menulis kode membangun website, kita harus mengeluarkan biaya ekstra untuk membayarnya.

Ketika anda sudah paham coding anda juga bisa “menjual” diri anda sebagai professional website builder. Tentunya akan menjadi pundi uang tambahan bagi anda selain dari penghasilan website yang anda bangun sendiri.

Jika anda tertarik dengan dunia coding dan ingin belajar hingga mampu menguasainya, maka tidak ada salahnya mempelajari kode-kode pembuatan website. Tapi ingat, anda harus benar-benar serius mempelajarinya agar waktu anda tidak terbuang sia-sia.

cara-cara membuat website
sumber:http://www.virale-news.com/

======Cara Mudah======

Seperti yang sudah saya katakan diatas, cara ini menggunakan template yang sudah tersedia dari CMS (Content Management System) atau dalam bahasa Indonesia Sistem Pengatur Konten. Dalam sistem ini, anda tinggal mengatur hal-hal apa saja yang anda inginkan dan butuhkan didalam website anda.

Di dunia ini tersedia banyak CMS, namun 3 yang paling banyak dipakai adalah WordPress, Joomla dan Drupal.

Dalam artikel ini saya akan menjelaskan pembuatan website dengan CMS yang saya gunakan, yakni WordPress.

Kenapa saya memilih WordPress ketimbang Joomla dan Drupal? Ada 5 alasan utama saya memilih WordPress:

  1. Gratis. Anda tidak perlu bayar selamanya jika pakai WordPress. Anda hanya perlu menyewa hosting di perusahaan hosting yang anda percaya. (Jika anda masih bingung mana perusahaan hosting yang terpercaya, anda bisa membaca artikel Perusahaan Hosting Terbaik di Indonesia.)
  2. Cocok untuk Pemula. Tampilan WordPress sangat mudah dipahami sehingga anda para pemula di dunia blogging/website tidak perlu bingung. Jika anda menguasai Micrososft Word, maka anda juga bisa menguasai WordPress karena tampilan mereka tak banyak berbeda. Malah, WordPress lebih lengkap dengan fitur lain seperti plug-in gratis untuk menambahkan poling, rating artikel, album foto, formulir kontak/langganan dengan mudah!
  3. Cocok untuk segala keperluan. Berbagai template website tersedia di WordPress yang akan mengakomodir segala kebutuhan anda untuk membuat website. Dari blog sederhana, toko online, hingga website interaktif.
  4. Responsif. Website yang dibuat memnggunakan WordPress akan dengan mudah dibuka di gadget dengan tampilan yang menyesuaikan sendiri secara otomatis dengan ukuran layar gadget pengunjung situs kita.
  5. Memiliki komunitas yang sangat banyak. Karena bersifat opensource alias bisa dipelajari kodenya, merubah dan mendistribusikan secara gratis kepada siapa saja maka tak elak CMS ini menjadi favorit berbagai kalangan. Karena banyak yang menggunakannya, maka juga banyak orang yang membuat forum diskusi dimana kita bisa bertanya apa saja ketika menemui kendala atau memiliki pertanyaan tentang WordPress.

Menyewa Hosting

Marilah kita mulai dengan, membeli domain. Anda dapat membelinya di perusahaan hosting di link yang sudah saya tulis di poin pertama. Disana anda akan menemukan berbagai pilihan harga dan paket dengan kualitas layanan prima.

Harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau mulai dari Rp19.000 per bulan saja!

Mencari Nama Domain

Setelah anda menyewa hosting, anda perlu memutuskan nama domain anda. Artikel Tips memilih Nama Domain yang Tiada Duanya menjadi rujukan bagi anda yang masih bingung mengenai nama domain anda.

Jika anda ingin membuat website bisnis, maka artikel Seperti Apa Nama Domain yang Cocok untuk Bisnis Anda bisa menjadi jawaban kegelisahan anda.

Membuat/Membangun Website

Setelah anda berhasil menemukan nama website yang cocok dengan tujuan anda membangun website, maka waktunya kita membangun! Mengapa saya tulis membangun? karena usaha yang kita berikan untuk membangun website ini cukup banyak, bagai membangun rumah. Karena website juga berisi dan terdiri dari beberapa ruangan, dan tiap ruangan berisi beberapa hal, seperti halnya rumah.

One Click Installation

Nah, karena cara ini masuk ke bab Mudah maka saya akan memberikan cara yang mudah akni menggunakan Softaculous Apps Installer. Caranya:

  1. Masuk ke hosting account
  2. Cari control panel (cPanel)
  3. Klik Softaculous Apps Installer
  4. Klik/pilih WordPress
  5. cara membuat websiteTampilan jendela Softaculous Apps Installer.

  6. Klik Installcara membuat website
  7. Kemudian akan muncul jendela untuk instalasi. Hapus kata “WP” di kolom In Directory yang berarti akan menginstall wordpress langsung ke website kalian.cara membuat website dengan mudah
  8. Ta Da! Website WordPress kalian sudah siap dipakai 😉

Pengaturan Website

Biasanya dilakukan di awal dan hanya sekali setelah proses instalasi selesai. Dilakukan untuk merubah pengaturan dasar website, walaupun hanya sekali, tahap in sangat penting.

Judul Website.

Judul adalah hal pertama yang dilihat saat seseorang membuka website. Karena itu sangat penting untuk memberikan judul dan tagline yang tepat untuk website kita.

Caranya adalah klik Setting, kemudian pada kolom Site Title tulis judul website dan tagline dibawahnya.

Halaman Utama Website.

Fungsi ini berfungsi untuk menampilkan artikel tertentu di halaman utama. Jadi tidak hanya artikel yang paling baru dipos saja yang tampil di halaman utama, namun juga artikel apa saja yang kita kehendaki.

Caranya klik Setting, kemudian klik Reading kemudian akan muncul Front Page displays.

Kemudian ganti dari Your Latest Post menjadi A Static Page yang akan secara otomatis menu dibawahnya akan aktif sehingga kita tinggal memilih artikel mana yang ingin kita taruh di halaman utama website kita.

cara membuat website dengan mudah

Website kalian akan tampak seperti ini setelah WordPress sudah di install secara sempurna:

cara membuat website dengan mudah

Kemudian bagaimana caranya merubah tampilan website? Dengan mengunduh ribuan tema template yang tersedia tentunya. Caranya?

  1. Masuk ke dashboard terletak di sebelah kiri atas
  2. Klik Appearance kemudian klik Add New dan kamu akan melihat banyaknya tampilan website yang bisa kalian pakai. Kalian bisa membeli tema atau membayar orang untuk membuatkan tema khusus untuk kalian. Tapi jika kalian masih pemula, lebih baik menggunakan tema yang gratis terlebih dahulu.
  3. Jika sudah menemukan tema/template yang cocok, klik tombol install.
  4. Klik Activate ketika unduhan telah selesai untuk mengaktifkan template yang kalian pilih.

cara membuat website dengan mudah

Setelah tampilan sudah sesuai dengan keinginan kalian, kini saatnya memposting tulisan kalian di website! Cara-caranya sangat mudah:

  1. Klik Post, kemudian klik Add New
  2. Maka akan muncul halaman dengan berbagai tools seperti microsoft Words
  3. Terdapat kolom judul dibagian atas, dan kolom isi untuk menulis konten di bagian bawah. Diantara mereka, terdapat tools untuk mengedit tulisan/konten yang kalian tulis
  4. kalian bisa menyimpan tulisan sebelum di taruh di website kalian dengan mengeklik Save Draft yang terletak di bagian kanan. Kalian juga bisa melihat calon konten kalian di website nanti dengan mengeklik tombol Preview yang terletak di sebelah kanan tombol Save Draft.

cara membuat website dengan mudah

Membuat menu di postingan

Menu bertujuan untuk mempermudah pengunjung dalam mengeksplor website kita. Adapun cara membuat menu adalah:

  1. Klik Appearance yang berada di sebelah kiri
  2. Klim Menus
  3. Beri nama menu sesuai keinginan kalian di kolom yang sudah disediakan (nomor 1)
  4. Centang di bagian Page hal apa saja yang ingin kalian masukkan ke dalam konten (nomor 3)
  5. Setelah itu akan muncul Create menu yang berwarna biru (nomor 2)
    Setelah selesai semua, klik Save Menu yang berada di bagian bawah

cara membuat website dengan mudah

Menu yang kita buat di langakah tadi, akan ditempatkan pada tema yang sudah dipilih. Keterangannya ada di gambar berikut ini..

cara membuat website dengan mudah

Plug-in Website WordPress

Plug-in adalah program tambahan yang bisa diinstall secara gratis agar website kita memiliki fitur-fitur tertentu yang disediakan oleh plug-in tersebut. Ada sekitar 44ribu-an plug-in yang tersedia di WordPress hingga sekarang.

Cara install plug-in adalah klik menu Plugins kemudian pilih Add New.

Setelah itu kita akan melihat beberapa plug-in yang ada dengan keterangannya. Jika kalian ingin mencari nama plug-in tertentu bisa mencarinya melalui kolom pencarian yang tersedia di sebelah kanan atas.

Ada satu plug-in yang wajib kalian install, yakni All in One SEO Pack. Plug-in ini berfungsi agar website kalian muncul di hasil pencarian Google saat ada seseorang yang mengetik kata kunci yang sesuai dengan website kalian.

SEKARANG, WEBSITE KALIAN SUDAH JADI DAN TINGGAL DILANJUTKAN DENGAN KONTEN-KONTEN YANG BERKUALITAS LAINNYA 😆

cara membuat dan membangun situs web
sumber: http://manojranaweera.me

======Cara Ekstra======

Seperti yang sudah saya katakan di awal, cara ini akan membebaskan kita dari template-template yang bentuknya itu itu saja. Kita bisa bebas mengekspresikan diri melalui website yang kita buat.

Nah, cara membuat website dengan cara ekstra itu menggunakan kode-kode yang ditulis secara manual. Bukan menggunakan template seperti yang di cara mudah.

Kode-kode tersebut biasa disebut dengan bahasa pemrograman. Bahasa ini akan memiliki kode-kode yang akan menentukan fungsi dari setiap halaman website anda secara detail.

Untuk mampu membuat website yang baik, setidaknya anda harus memahami pengetahuan dasar seperti HTML, PHP, dan MySQL. Setiap dari mereka memiliki fungsi masing-masing.

  • HTML: Pengaturan tampilan desain kolom dari halaman-halaman website
  • PHP: Pembuatan website dengan fungsi khusus, seperti memanggil (forwarding) data dan menampilkannya ke website anda, pengolahan data dan fungsi-fungsi lainnya.
  • MySQL: Pengorganisir database dari website sehingga website anda menjadi interface bagi anda untuk menyimpan dan mengambil data dengan benar dari database yang terletak di server.

Setelah memahami 3 hal di atas, hal yang wajib anda pahami selanjutnya adalah CSS dan Javascript.

Karena pembahasan ke lima hal tersebut sangat panjang dan tidak bisa dilakukan disini, maka anda bisa membaca dan mempelajari ke lima hal diatas anda bisa mempelajarinya di W3schools.com dengan masing masing tautan:

Namun, tautan diatas ditulis dalam bahasa Inggris. Bagi anda yang tidak terlalu familiar dengan bahasa Inggris bisa melihat laman terjemahannya dengan bantuan dari Google Translate. Cukup buka tautan translate.google.com kemudian salin dan tempelkan tautan di atas, dan klik “terjemahkan”

Jika anda ingin mempelajarinya dengan bahasa Indonesia langsung, anda bisa pergi ke laman codingku.com. Disana sudah tersedia informasi lengkap mengenai ke lima hal diatas.

Tidak ada jalan pintas dan mudah untuk menggapai hal yang besar. Karena itu, anda harus sabar dan tekun mempelajari bahasa pemrograman agar bisa membangun website sendiri, dan menimba uang dari keahlian anda dalam membangun website.

Setelah anda membaca ke lima hal di atas, langkah 2 selanjutnya sama dengan 2 langkah pertama cara mudah, yakni Menyewa Hosting dan Mencari Nama Domain. 

2 hal di atas wajib dilakukan karena cara ekstra ini sangat diperlukan jika kita ingin membuat website sesuai dengan yang kita inginkan dan kode yang kita tulis sendiri.

Bentuk Dasar dari Sebuah Halaman Web

Website terdiri dari beberapa halaman web yang terpisah namun dibangun dalam satu tempat. Jadi anda perlu mengetahui bentuk dasar dari halaman web sebagai modal anda dalam membangun atau mengedit website anda. Sebagai contoh, berikut adalah contoh kode sederhana yang diperuntukan untuk membangun sebuah halaman:

<html>

<head>

Isi dari head section pada halaman web

</head>

<body>

Isi dari body section pada halaman web

</body>

</html>

kode tanpa garis miring (/) didalam tanda kurung sudut (< atau >) berarti permulaan, sedangkan yang menggunakan garis miring (/) berarti akhir dari kode.

<head> adalah bagian dari halaman web anda dimana anda bisa meletakkan beberapa elemen pengaturan yang tidak ditampilkan kepada pengunjung website anda. Disini anda bisa meletakkan meta discription, title tag, dan CSS yang teksnya tidak akan terlihat di tampilan jendela browser pengunjung situs anda,

<body> adalah bagian dari halaman web yang ditampilkan kepada para pengunjung website anda. Hanya saja, tampilan di bagian body ini ditentukan oleh CSS yang anda letakkan di <head> tadi.

masih ada berbagai kode lain yang juga akan memiliki arti khusus dalam bahasa pemrograman. Kalian dapat membaca atau mempelajari kodenya di tautan yang sudah saya berikan di atas (w3schools.com atau codingku.com)

Hal Penting yang Harus Diperhatikan

  1. Anda harus mengetahui cara membuat website yang SEO Ready alias ramah dengan mesin pencari sehingga mudah dicari dan dioptimasi kata kunci yang ada di website kalian
  2. Untuk bagian <head> pastikan title tag dan meta deskripsi anda dinamis (Pengkodean menampilkan title dan meta deskripsi yang berbeda di setiap halaman. Jangan sampai sama dengan halaman lainnya)
  3. Untuk bagian <body> pastikan heading h1 hanya ada satu di setiap halaman dan isinya dinamis menampilkan kata-kata kunci yang penting (untuk keperluan SEO) di masing-masing halaman
  4. Buat kolom-kolom yang dinamis dan responsive dengan tampilan website sehingga mudah beradaptasi jika dibuka dari berbagai gadget yang dimiliki pengunjung. Website dengan tampilan yang responsif atau mudah beradaptasi dengan ukuran layar pengunjung akan mendapatkan posisi yang lebih baik di hasil pencarian di Google.
  5. Hal tadi terjadi karena Google menerapkan sistem first mobile index. Sistem dimana Google mengindeks halaman website anda menurut versi mobile.
  6. Jika website anda tidak memiliki tampilan versi mobile atau kurang responsif terhadap tampilan mobile, maka website anda akan kurang bisa bersaing jika website pesaing anda memiliki website yang responsif pada versi mobile.

Karena keutamaan memiliki website adalah dikunjungi atau dibukan oleh pengguna internet, maka sangat penting untuk mengakomodasi kebutuhan dan keinginan para pengguna internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *