Cara Upload File di cPanel

Cara Upload File di cPanel

Salah satu cara mudah untuk memasukkan atau mengupload file ke server website kita selain ke laman CMS adalah langsung ke laman cPanel website kita.

Cara ini akan mempermudah pengorganisasian file yang kita letakkan untuk membangun maupun mengisi konten dari website yang kita kelola.

Nah cara upload atau unggah file melalui file manager akan saya jelaskan ke beberapa langkah di bawah ini.

1. Setelah masuk ke laman cPanel website anda, carilah tab ‘Files’ dan pilih ‘File Manager’

cara unggah file ke cPanel

2. Gambar dibawah ini adalah laman baru yang akan terbuka setelah anda mengeklik ‘File Manager’

Pilih di folder manakah anda ingin mengupload filenya. Pilih di bagian kiri layar.

Setelah folder target terbuka, klik upload (lingkaran merah) untuk membuka laman untuk mengupload file yang anda inginkan.

cara upload file ke cPanel

3. Perhatikan tanda merah panah yang ada di bagian atas untuk mengetahui seberapa banyak space atau ruang kosong yang tersedia di server anda. Karena saya menyewa hosting yang unlimited dari Hoster.co.id maka saya bisa mengupload file apa saja sebanyak apapun yang saya kehendaki.

Setelah itu klik ‘Select file’ untuk memilih file yang ingin anda upload atau anda juga bisa melakukan ‘drag and drop’ ke laman ini.

Kali ini saya ingin mengupload sebuah file gambar ke folder ‘image’ yang ada di server website saya hanya untuk contoh artikel ini.

cara unggah file ke cPanel

cara upload file ke cPanel

4. Setelah file dipilih maka akan secara otomatis terupoad dan akan menampilkan persentase unggahan.

Jika sudah menunjukkan 100% maka kita bisa kembali ke laman selanjutnya, atau mengeklik tulisan warna biru di bawah bar persentase ungghan file kita.

cara upload file ke cPanel wordpress

5. Untuk memperbaharui data yang sudah terupload, klik ‘reload’ (lingkaran merah).

Setelah di reload maka sekarang file sudah ada di folder ‘image’

cara upload file ke cPanel

Kalian dapat mengupload file jenis apa saja ke folder apapun yang kalian kehendari. Dengan cara dan langkah yang serupa dengan tutorial di atas.

Namun perhatikan ukuran file yang akan diupload. Karena sedikit banyak akan mempengaruhi “jatah” disk space kalian (Tapi jika kalian menyewa hosting dengan disk space unlimited, maka tak perlu ragu!)

Di bawah ini adalah daftar perusahaan hosting yang menawarkan paket unlimited (disk space dan bandwidth) dengan harga terjangkau!

[Best_Wordpress_Gallery id=”4″ gal_title=”Hoster terbaik Indonesia”]

Tapi pikirkan pula bandwidth yang harus kalian keluarkan setiap ada orang yang mengakses file yang kalian upload di website kalian.

Kalian dapat membaca cara menghemat bandwidth di artikel yang sudah saya tulis sebelumnya, yakni Cara Cerdas menghemat Bandwidth. 

Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *