Ciri-Ciri Perusahaan Hosting yang Berkualitas

Ciri-Ciri Perusahaan Hosting yang Berkualitas

sumber: https://www.aspect.com/

Mengakses internet hari ini semudah membuka kepalan tangan. Dengan handphone kita dapat terhubung dengan seluruh dunia. Mencari konten dan informasi tertentu dan berkomunikasi dapat dilakukan dalam hitungan detik.

Memiliki sebuah situs web atau website juga sangat mudah dengan harga yang terjangkau. Jika anda ingin memiliki sebuah situs web untuk berbagai keperluan, anda bisa mencari perusahaan hosting yang akan membantu anda membangun situs yang anda kehendaki.

Dalam link ini ada beberapa perusahaan hosting yang bisa menjadi rujukan. Jika anda masih bingung apa itu hosting, dalam link ini  anda dapat mengetahuinya.

Kita semua tahu ada beberapa perusahaan yang menyediakan situs web secara gratis, namun situs web memiliki beberapa kekurangan seperti terbatasnya fasilitas yang ditawarkan, tidak adanya bantuan sewaktu-waktu kita membutuhkannya, rendahnya nilai prestise yang akan berakibat pada rendahnya tingkat kepercayaan konsumen, serta rentannya kerusakan pada sistem.

Dari beragam kekurangan di atas, maka tidak perlu lagi menunda untuk membuka situs web dengan bantuan perusahaan hosting yang terpercaya. Lalu bagaimana cara mengetahui ciri-ciri perusahaan hosting yang baik dan terpercaya? Berikut adalah ciri-cirinya.

1.  Menawarkan berbagai jaminan

Jaminan yang dimaksudkan adalah beberapa hal terkait teknis situs web kita seperti masa hidup atau up-time yang mencapai angka 99,9%. Masa up-time adalah masa dapat diaksesnya situs web kita dalam kondisi apapun, termasuk kondisi bencana. Karena meski sebentar saja situs kita tidak dapat di akses, artinya uang kita terbuang percuma.

Jadi tak apalah mengeluarkan uang sedikit lebih banyak namun masa up-time-nya tinggi. Jaminan lainnya adalah jaminan uang kembali atau garansi jika hal yang dijanjikan tidak sesuai kenyataan. Jaminan yang tidak kalah penting adalah jaminan pengalaman. Carilah perusahaan yang memiliki pengalaman yang cukup di bidangnya.

2. Memiliki teknologi server yang memadai

Teknologi yang memadai akan menyokong berbagai fitur teknis yang sangat dibutuhkan situs web. Kestabilan adalah hal mutlak yang diperlukan. Teknologi server yang baik adalah yang menggunakan cPanel, sebuah software besutan Linux yang memberikan tampilan grafis dan peralatan automasi yang dibuat untuk memudahkan proses hosting di sebuah situs web.

cPanel menggunakan 3 tingkat struktur untuk memberikan fungsi administrator, agen, dan pemilik situs web. 3 tinkatan ini berfungsi untuk mengatur berbagai macam aspek dari situs web dan administrasi server melalui sebuah penjelajah web standar. Selain memberikan Guide User Interface untuk memudahkan pengguna, cPanel juga dilengkapi dengan perintah dalam teks dan yang berdasar pada API agar vendor perangkat lunak pihak ketiga, organisasi web hosting dan pengembang untuk dapat mengautomasi sistem standar proses administrasinya.

3. Memiliki layanan customer service 24 jam non-stop

Hal ini cukup penting untuk membantu klien yang sewaktu-waktu membutuhkan bantuan. Layanan customer service 24jam non-stop juga membuktikan tingkat keprofesionalan suatu perusahaan.

4. Menyediakan Control Panel

Web hosting menyediakan control panel untuk situs web kita. Dengan control panel, anda bisa login ke dalam account anda kapanpun.
Control panel paling tidak memiliki fasilitas:

  • Mengupload, mengedit, atau menghapus file dan folder
  • Mengatur akun surat elektronik
  • Membuat, mengedit, dan menghapus subdomain dan
  • Melihat tampilan statistik situs web anda.

5. Ada akses ke traffic log

Traffic log adalah semacam pencatat data statistik tentang situs webkita. Traffic log biasanya mencatat search engine yang dipakai pengunjung, keyword yang digunakan, halaman apa yang mereka kunjungi, berapa lama mereka melihat situs web anda, dan info lainnya. Anda seharusnya dapat mengakses traffic log kapanpun anda mau.

6. Menyediakan kapasitas yang memadai dan berkualitas

Kebutuhan kapasitas disk space atau ruang simpan kian hari makin besar karena makin besar pula file yang kita miliki, baik file gambar, dokumen, audio, video maupun file dari software lainnya. Karenanya, fasilitas berupa disk space yang memadai dan mencukupi kebutuhan konsumen sangatlah diperlukan. Namun semakin besar disk space yang kita perlukan, semakin besar pula niaya yang harus kita keluarkan untuk menyewa ruang data.
Ada beberapa perusahaan yang masih memakai HDD atau Hard Disk Drive yang memakai piringan magnet untuk menyimpan data yang tergolong mudah rusak dan hilang. Ada juga perusahaan yang memakai SSD atau Solid-State Drive yang lebih awet ketimbang HDD.

7. Menawarkan berbagai pilihan

Pilihan yang dimaksud adalah pilihan paket yang cocok untuk kebutuhan kita. Ada berbagai macam alasan mengapa kita ingin memiliki situs web kan? nah, untuk mencari perusahaan hosting yang cocok, maka kita harus mencari perusahaan yang memenuhi kebutuhan kita. Selain itu, beragamnya paket penawaran yang perusahaan hosting tawarkan, juga sedikit banyak menggambarkan tingkat keprofesionalitasan perusahaan itu sendiri.

8. Profesional

Professional tidaknya sebuah web hosting dapat dilihat dari ada tidaknya data centre. Di data centre ini, web hosting akan mengontrol koneksi internet situs web kita, memiliki power backup, ruang pengontrol cuaca, dan staf yang akan selalu memantau situs web kita kapanpun. Jadi, walau ada gempa bumi, banjir atau bencana apapun, situs web anda akan tetap online dan mudah diakses.

Tingkat keprofesionalitasan perusahaan hosting juga dapat dilihat dari seberapa cepat mereka merespon permintaan kita dan memproses segala permintaan dari klien dengan sebaik-baiknya. Pengalaman juga menjadi kunci utama keprofesionalitasan perusahaan, carilah perusahaan hosting yang sudah berpengalaman dibidangnya paling tidak selama 6 tahun. Salah satu perusahaan hosting yang memiliki pengalaman diatas 6 tahun adalah Ardetamedia dan JogjaHost. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *