Gunakan Tips-tips ini Untuk Menghemat Bandwidth/Kuota Internet Anda

 

hemat bandwidth

sumber: https://cnet4.cbsistatic.com/

Teknologi 4G semakin memanjakan netizen dengan kecepatan yang sangat mumpuni. Streaming video di youtube sekarang tanpa buffering. Scrolling foto-foto di Instagram pun tak akan ada habisnya. Namun ada konsekuensi dibalik itu semua, kuota data pun akan habis dalam sekejap mata.

Karena itu menghemat kuota data atau bandwidth dengan memotong beberapa hal yang tidak perlu mulai di pandang penting sekarang.

Berikut adalah 8 tips untuk menghemat kuota data atau bandwidth anda.

1. Pastikan komputer bebas dari malware

Malware adalah aplikasi yang jahat dan bekerja untuk memata-matai kerja anda dengan komputer. Mereka bekerja tanpa anda ketahui dengan mengumpulkan data-data dari komputer anda, situs apa saja yang sering anda kunjungi, apa yang anda cari di mesin pencari dll.

Setelah data terkumpul, maka malware tersebut akan mengirimkan data-data tersebut ke “markas” mereka melalui internet. Unggahan data inilah yang membuat kuota anda cepat habis dan bandwidth membengkak.

Install antivirus, hindari mengeklik tautan yang mencurigakan di internet dan rajin mengecek perangkat lunak apa saja yang terpasang di komputer anda untuk mencegah masuknya malware ke komputer anda.

2. Matikan fitur auto-update

Banyak perangkat lunak yang menggunakan fitur auto update ketika komputer anda terhubung ke internet. Para perangkat lunak ini biasanya mengecek apakah ada file update terbaru, mengunduh plug-in atau file pendukunng lain hingga perangkat lunak versi terbaru.

Unduhan-unduhan yang dilakukan tanpa persetujuan tadi tentunya akan menyedot kuota atau bandwidth internet anda.

3. Matikan fungsi load images

Gambar-gambar yang tampil di situs web yang anda kunjungi memang memperindah tampilan situs web dan membuat ilustrasi lebih jelas, namun gambar-gambar yang biasanya hanya iklan juga ikutan tampil sehingga akan memakan kuota dan bandwidth anda.

Bagi anda yang menggunakan browser Mozilla Firefox, bisa membuka laman http://www.umimarfa.web.id/2015/04/cara-menonaktifkan-gambar-pada-firefox.html   untuk mengetahui cara mematikan gambar.

4. Gunakan AdBlock

Iklan yang biasanya berbentuk gambar bahkan video kerap kali muncul saat kita sedang asik jalan-jalan di internet. Selain bikin internet berjalan lebih lambat karena harus memuat gambar iklan, tentu saja ini merugikan konsumen karena dipaksa melihat iklan.

Tiap browser memiliki ekstensi atau add-on untuk memblokir iklan yang biasanya muncul. Sehingga iklan-iklan yang tidak diinginkan dan memakan cukup banyak kuota dan bandwidth dapat dicegah kemunculannya.

bila perlu, blok saja akses ke situs iklan tertentu yang memang sudah anda ketahui sebagai biang iklan.

5. Matikan Load Sound

Beberapa blog dan situs tertentu menampilkan load sound sebuah lagu secara otomatis. Selain bikin kaget, load sound ini tentu akan memakan kuota dan bandwidth karena kita dipaksa memutar lagu.

Ekstensi atau Add-on di browser untuk memblokir load sound juga sudah tersedia sekarang.

6. Gunakan satu browser dalam jangka panjang

Saat anda menggunakan browser, maka secara otomatis browser tersebut akan mengunduh cache dari situs web yang telah di kunjungi sehingga, ketika anda mengunjungi situs web itu lagi, proses memuat laman akan lebih cepat.

Jika anda menggunakan browser yang berbeda-beda maka tiap browser akan menngunduh cache berulang-ulang. Yang terjadi adalah kuota atau bandwidth anda akan lebih cepat habis.

7. Gunakan perangkat lunak pengompresi internet (Toonel)

Perangkat lunak pengompresi internet ini bernama Toonel dan dapat diakses via toonel.net 

Ketika anda mengunjungi situs web maka data akan dikompresi menjadi file yang lebih kecil sebelum masuk ke komputer kita, sehingga kuota atau bandwidth yang digunakan untuk mengunduh file pun akan lebih kecil.

8. Gunakan webmail dengan AJAX

Gunakan layanan surel atau surat elektronik yang mendukung program AJAX dimana tampilan situs web akan lebih sederhana sehingga data yang kita download akan lebih kecil.

Webmail yang mendukung program AJAX diantaranya adalah Gmail dan Yahoo! mail. Walaupun saat pertama akan terasa berat dan lama untuk memuatnya, namun saat membuka di waktu lain akan lebih hemat bandwidth dan kuota internet.

 

Leave a Reply