Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Domain

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Domain

Hal penting sebelum beli hosting
sumber: https://i0.wp.com/lunartheme.com/

Bagi anda yang ingin memiliki situs web anda sendiri, atau membangun situs web untuk perusahaan anda, maka anda perlu mengetahui hal-hal apa saja yang menjadi pertimbangan bagus tidaknya sebuah perusahaan Hosting.

Jika anda masih bingung apa itu Hosting, maka di artikel Apa itu Hosting, anda dapat mengetahuinya.

Atau anda penasaran apa saja ciri-ciri perusahaan hosting yang baik, maka anda bisa membacanya di artikel Ciri-Ciri Perusahaan Hosting yang Berkualitas.

Sebenarnya ada banyak hal yang harus diperhatikan sebelum membeli domain di perusahaan hosting, namun ada 2 hal utama yang patut diperhatikan yakni teknis dan non-teknis. Yang akan saya jabarkan dibawah ini.

Hal teknis mencakup hal-hal yang berurusan dengan perangkat lunak dan keras. Perangkat keras yang disediakan oleh perusahaan hosting sangat bervariasi dengan berbagai spesifikasi dan keunggulan serta kekurangannya masing-masing.

Perangkat keras yang patut menjadi pertimbangan adalah besar kecilnya kapasitas penyimpanan atau disk space, dan media penyimpanan datanya.

Sedangkan Perangkat lunak uang patut menjadi pertimbangan adalah jenis server apakah menggunakan Linux atau Windows, database yang digunakan, bandwidth yang ditawarkan, kemanan dan beberapa hal minor.

Hal non-teknis mencakup hal-hal yang berurusan dengan apa yang perusahaan hosting tawarkan. Contohnya adalah layanan/customer service, harga yang ditawarkan, beragamnya paket layanan yang ditawarkan, jumlah klien, keberadaan perusahaan hosting, dan tentu saja potongan harga/discounts.

Sebelum masuk ke pembahasan yang lebih detail, anda pasti bertanya-tanya perusahaan Hosting luar negeri dan lokal, bedanya apa? Menurut saya pribadi, lebih baik menggunakan perusahaan hosting lokal.

Disamping memberdayakan sumber daya manusia negara sendiri, menggunakan jasa perusahaan hosting lokal juga lebih mudah karena semua proses dari komunikasi yang menggunakan bahasa Indonesia sehingga tidak perlu repot dam bingung menggunakan bahasa Inggris

Selain itu juga karena proses pembayaran yang sangat mudah bisa cash di kantor perusahaan hosting langsung atau transfer bank tanpa biaya tambahan. Bandingkan jika menggunakan jasa perusahaan hosting asing, kita harus membayar ke bank luar negeri yang memerlukan biaya tambahan yang tidak sedikit.

Jika kita membandingkan teknologi yang digunakan oleh perusahaan hosting dalam dan luar negeri, nampaknya tidak ada bedanya karena sama sama menggunakan teknologi keluaran terbaru dan beberapa perusahaan hosting adalah reseller perusahaan hosting luar negeri. Sehingga tidak ada perbedaan yang mencolok.

Karena menggunakan produk dalam negeri adalah salah satu cara bela negara 🙂

Hal hal yang harus diketahui sebelum beli Hosting

Kembali ke topik hal-hal apa saja yang harus diperhatikan sebelum membeli domain di perusahaan Hosting. Ada hal yang akan kita bahas, mereka adalah.

1. Besar kecilnya kapasitas penyimpanan/Disk Space yang ditawarkan

Kapasitas disk space adalah besarnya ruang penyimpanan file-file yang ada di situs web kita nantinya. File yang kita simpan diukur dalam satuan byte atau bita. Setiap hosting memiliki aturan, kapasitas dan pilihan paket yang berbeda-beda. Biasanya mulai dari 500megabyte hingga tak terbatas.

Semakin besar ruang penyimpanan yang ada, semakin mahal pula harga sewanya.

2. Media penyimpanan data

Saat ini ada 2 macam media penyimpanan data yang umumnya dipakai oleh perusahaan hosting, yakni HDD (Hard Disk Drive) dan SSD (Solid-state Drive). Tentunya masing-masing media memiliki kelebihan dan dan kekurangan masing masing.

Anda dapat membaca artikel Apa itu Hosting SSD untuk mengetahui kelebihan memilih hosting yang menggunakan SSD.

3. Layanan/Customer Service

Pelayanan yang diberikan berupa cepat tidaknya respon yang diberikan, serta bahasa yang sopan atau tidak secara tidak langsung akan mempengaruhi pilihan kita dalam memilih perusahaan hosting.

Layanan yang umum diberikan adalah customer service penuh selama 24 jam melalui telepon, chat atau email, jaminan uang kembali, kendali penuh atas situs web anda,dan penyelesaian masalah yang muncul dengan cepat dan sigap. Hal-hal diatas tentunya membuktikan perusahaan Hosting tertentu berkualitas atau tidak.

4. Keamanan

Keamana sangat penting bagi anda sebagai pemilik situs web. Anda tidak mau kan situs web yang sudah anda bangun dengan susah payah dihack oleh orang yang tidak bertanggung jawab, atau data-data penting yang anda taruh di cloud di curi orang?

Karena itulah keamanan sangat penting. Percayakan situs web anda kepada perusahaan hosting yang menggunakan sistem keamanan DDOS Protection sehingga keamanan data anda terjamin.

5. Harga yang ditawarkan

Ada harga, ada barang. ya, paket dengan fitur yang bagus pasti datang bersama harga yang lumayan. Beberapa perusahaan Hosting juga menawarkan harga yang murah, tapi dengan fitur yang dibatasi.

Jangan lupa bandingkan harga dari satu perusahaan dengan perusahaan lain, sehingga anda tahu mana paket hosting yang paling sesuai dan cocok dengan budget anda.

6. Beragamnya paket layanan yang ditawarkan

Beragamnya jenis paket layanan yang ditawarkan oleh perusahaan Hosting bisa menjadi indikator kualitas suatu perusahaan Hosting. Karena dari pilihan yang beragam tadi pasti berangkat dari kebutuhan klien mereka yang beragam.

Secara tidak langsung klien mereka juga sudah banyak, dengan kata lain sudah dipercaya oleh banyak orang.

7. Jumlah klien

Semakin tinggi jumlah klien dari perusahaan hosting berarti banyak orang yang sudah percaya dengan layanan/service yang diberikan oleh perusahaan hosting tersebut. Maka hal ini bisa menjadi indikator berkualitasnya sebuah perusahaan hosting.

Namun, baca juga review yang diberikan oleh konsumen perusahaan hosting tersebut, sehingga anda mengetahui juga seluk-beluk perusahaan tersebut. Tapi ingat, 1 konsumen yang tidak puas akan memposting ketidakpuasannya di mana-mana, namun 1000 konsumen yang puas biasanya tidak akan ambil pusing untuk menulisnya.

Jadi, pikirkanlah review konsumen tadi apakah rasional atau tidak.

8. Keberadaan perusahaan hosting

Yang saya maksud tentang “keberadaan” adalah berpotensi tidaknya perusahaan itu. Jangan sampai anda membangun situs web di perusahaan yang belum jelas masa depannya yang biasanya menawarkan harga yang sangat murah.

Bisa bisa baru 1 tahun situs web anda berdiri, perusahaan hostingnya tutup. Walaupun bisa situs web anda bisa berpindah Hosting, namun hal ini akan memakan waktu dan biaya. Hal ini akan merugikan diri anda sendiri.

9.  Potongan harga/discounts.

Siapa yang bisa menolak potongan harga alias discount? layaknya bisnis lain, perusahaan Hosting juga menawarkan potongan harga untuk para konsumer. Biasanya potongan harga diberikan di hari-hari khusus seperti lebaran, hari kemerdekaan, tahun baru, natal, dan hari-hari besar lainnya.

Potongan harga juga diberikan pada orang-orang khusus seperti pengguna pertama, reviewer, dan lain lain yang kiranya bermanfaat pula bagi perusahaan Hosting

Namun jangan lupa membaca syarat dan ketentuan dari potongan harga tersebut. Jangan sampai anda terjebak discount palsu dari perusahaan Hosting nakal.

Contoh dari kenakalan tersebut adalah anda akan mendapat diskon di tahun pertama namun, anda harus membayar dengan harga tertentu di tahun kedua, ketiga dan seterusnya. padahal, kontrak sewa harus berjalan selama waktu tertentu.

Pilih hosting yang mana?
Sumber: https://buildingquote.com.au/

Sekarang setelah anda mengetahui hal apa saja yang harus diketahui sebelum membeli domain, saatnya membaca uraian profil beberapa perusahaan Hosting terbaik ayng ada di Indonesia. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *