Mengapa Menggunakan Web Hosting Berbayar?

Kalau bisa dapat yang gratis, kenapa harus bayar? agaknya kalimat tersebut sangat akrab di telinga orang Indonesia. Dalam beberapa hal, memang benar adanya lebih baik memilih yang gratis, selain menghemat uang, anda tidak perlu dipusingkan dengan cara pembayaran non-tunai yg cukup menyita waktu.

Namun, beberapa hal lainnya sebaiknya memilih yang berbayar. Salah satunya adalah menggunakan jasa Web Hosting yang berbayar. Kenapa? 11 alasan dibawah ini akan menjawab pertanyaan anda.

Hosting berbayar lebih baik?

sumber: http://davidslaw.co.za/

1. Meningkatan kredibilitas merk anda

Yang berbayar pasti memiliki nilai lebih. Termasuk ke situs web yang memiliki ekstensi .com, .co.id, .org dll dibanding dengan ekstensi gratisan seperti blogspot.com atau wordpress.com 

Karena cara memperolehnya yang tidak bayar, alias gratis, semua orang dapat membuatnya. Sehingga turunlah nilai situs web itu karena belum tentu jelas info yang ditulis itu benar atau tidak, dan bertanggungjawab atau tidaknya si admin di belakang situs web gratisan tersebut.

Dengan menggunakan ekstensi berbayar melalui jasa web hosting, maka situs web anda akan dengan mudah mendulang kepercayaan dan konotasi positif dari masyarakat. Dengan rasa percaya dari masyarakat yang sudah didapat, maka anda dapat dengan mudah memasarkan merk atau produk anda kepada mereka.

Selain itu, merk atau produk anda akan terlihat ditangani secara profesional oleh ahlinya. Sehingga situs web anda akan lebih kredibel dan terpercaya.

2. Membangun jaringan yang lebih luas

Apa yang lebih penting di dunia bisnis selain jaringan? Memiliki relasi yang banyak melalui jaringan bisnis sangat penting demi kelancaran bisnis anda. Selain bisa mendapat teman baru, info dan kesempatan bisnis yang lebih lebar, anda membutuhkan jaringan sebagai media promosi secara tidak langsung. Selain itu, anda bisa meminta bantuan kepada relasi anda kalau kalau anda membutuhkannya.

3. Investasi murah jangka panjang

Biasanya suatu perusahaan akan menggunakan sejumlah uang yang cukup besar untuk iklan dan menunjukkan eksistensinya di masyarakat. Dengan situs web milik anda sendiri, maka anda bisa melakukan iklan atau promosi dengan menggunakan situs web milik anda sendiri. Mudah dan murah bukan?

Biaya sewa web hosting sangatlah terjangkau, tergantung paket yang anda sewa dengan fasilitas yang akan didapatkan sesuai harga yang ditawarkan. Namun, untuk pemula, di salah satu web hosting terbaik di Indonesia, Hoster.co.id anda dapat menyewa dengan harga Rp.19.000 per bulan atau hanya Rp.228.000 per tahun dengan fasilitas Unlimited disk space, POP3 Email, databases dan bandwidth, serta gratis domain selamanya!

Dengan fasilitas yang ditawarkan diatas, sudah sangat cukup untuk membangun situs web yang mumpuni.

4. Memiliki kontrol lebih

Jika anda menggunakan web hosting, maka anda akan memiliki kontrol yang lebih di situs anda. Kontrol yang saya maksud adalah data-data yang anda simpan dalam server hosting, pengelolaan input dan output data, sistem keamanan, tampilan, dan lain sebagainya yang tidak akan anda dapat di hosting gratis macam blogspot.com atau wordpress.com 

5. Dapat membangun layanan sendiri

Dengan situs web anda sendiri, sistem situs web memungkinkan anda untuk menyediakan layanan khusus untuk pengunjung situs web anda. Layanan khusus tersebut dapat berupa live chat, memasukkan kritik dan saran, permintaan, jual-beli, video call dan layanan layanan lain.

Bahkan, jika anda memiliki dedicated server, anda dapat membangun perusahaan web hosting milik anda sendiri. Untuk mengetahui apa itu dedicated server, anda bisa membacanya di laman lautanhost.com/apa-itu-dedicated-server/

6. Akses administrasi

Jika anda menyewa dedicated server anda akan diberikan akses root administrasi yang memungkinkan kamu untuk menginstall program dan melakukan konfigurasi program secara kastem sesuka anda.

7. Dukungan layanan konsumen/Costumer Service

Saat anda menyewa hosting dari perusahaan hosting, maka anda menjadi klien di perusahaan tersebut dan anda akan mendapatkan berbagai layanan yang disediakan. Salah satunya adalah dukungan Costumer Service yang biasanya tersedia selama 24jam penuh.

Di Hoster.co.id anda akan mendapatkan berbagai layanan yang sangat memuaskan. Jika anda memiliki masalah atau ingin bertanya tentang sesuatu, maka anda bisa langsung bertanya dan meminta bantuan kepada staff yang sedang bertugas. Dengan cepat, masalah dan pertanyaan anda akan terjawab dan terselesaikan.

8. Memiliki kebebasan dalam menamai domain

Sebagai seorang klien web hosting, anda memiliki kebebasan yang nyata dalam memilih nama domain alias nama situs web anda selama nama itu belum dipakai oleh oranglain. Ekstensi yang digunakan pun bisa sesuka anda selama masih sesuai peruntukannya.

bagi anda yang belum paham mengenai domain, anda dapat membaca artikel Apa itu Domain? untuk mencari tahu lebih lanjut.

Dan jika anda masih bingung mencari nama domain situs yang cocok bagi anda, anda dapat membaca artikel Tips Memilih Nama Domain untuk mendapatkan tips-tips yang dapat membantu anda dalam memutuskan nama situs anda nantinya.

9. Memiliki kebebasan dalam mendesain tampilan blog

Anda bisa bebas mendesain tampilan atau memodifikasi tema situs web anda sesuai keinginan. Kontrol penuh kode atau coding berada di tangan anda. Sehingga anda bisa membangun sebuah situs yang sangat khas dengan produk atau perusahaan anda.

Masyarakat pun akan mengetahui ciri khas atau trademark dari produk atau perusahaan anda. Secara tidak langsung anda mempromosikan produk atau perusahaan anda kepada khalayak.

10. Memiliki keleluasaan dalam menginstall Plug in

Anda dapat menginstall dan memodifikasi ribuan plug in yang tersedia. Plug in adalah sebuah program komputer yang menambah fungsionalitas sebuah program utama. Jadi anda dapat menambah fungsi dari situs web anda. Seperti memudahkan si pemilik situs memasang banner iklan di semua tempat yang diinginkan.

Anda tidak perlu menjadi desainer handal untuk melakukan desain yang canggih, and hanya perlu menyalin dan menempelkan kode plug in di tempat anda menginginkannya.

11. Data anda tersimpan dengan aman

Hoster.co.id menggunakan sistem DDOS Protection yang tentu saja akan mengamankan data-data anda yang ditaruh di server dari ancaman hacker, virus, malware dan ancaman-ancaman lain.

Selain itu web hosting juga memiliki cadangan data atau back up database secara berkala dan teratur sehingga anda tidak perlu cemas kehilangan data anda. Jika sesuatu yang tidak diinginkan terjadi, anda dapat mengembalikan data atau restore kapan saja anda inginkan. Termasuk jika anda ingin pindah tempat hosting. Namun saya kira hal ini tidak perlu terjadi jika anda menggunakan web hosting di Hoster.co.id 

Leave a Reply