Perbedaan Hosting WordPress dan Hosting Lainnya

Anda pasti tahu apa itu wordpress kan? atau paling tidak sudah pernah terlintas di telinga atau di mata apa itu wordpress. Karena memang perusahaan yang telah berdiri sejak tahun 2003 dan mulai berkembang di Indonesia sejak tahun 2007 ini sangat populer serta menjadi penyokong 26% situs di dunia.

Bayangkan 26% situs didunia disokong oleh WordPress, sebuah perusahaan penyedia layanan hosting gratis dan berbayar.

Bagi anda yang belum paham apa itu hosting anda dapat membacanya di artikel di http://lautanhost.com/apa-itu-hosting/

Hosting dari WordPress (gratis)

wordpress sebagai penyedia hosting

Hosting gratis yang ditawarkan oleh wordpress dapat diakses melalui laman id.wordpress.com/ disana, anda hanya tinggal mendaftar dengan memasukkan email, membuat username dan password kemudian hanya tinggal mendesain tampilan situs web anda sesuka hati.

Karena gratis, tentu saja fitur yang ditawarkan juga terbatas.  Batasan-batasan itu terletak di sub-domain yang harus ada wordpress.com dibelakangnya dan tentu saja tidak dapat dikustomisasi, tema tampilan yang terbatas (walaupun ada ratusann tema, namun tetap saja terbatas dibanding yang berbayar tersedia jutaan tema yang berbeda)

Keterbatasan lainnya adalah disk space atau ruang penyimpanan yang hanya 3GB, adanya iklan dari wordpress.com dalam situs web anda, terbatasnya dukungan teknisi atau operator dari wordpress ketika ada masalah di situs web anda, tidak dapat di monetisasi, tidak adanya alat SEO, dan tidak adanya layanan Google Analytics. 

Bandwidth dan jumlah pengunjung situs web anda juga akan dibatasi. Karenanya pengunjung situs web anda tidak akan sebanyak situs web dari hosting yang berbayar dan jika bandwidth situs anda sudah melebihi kuota maka situs anda akan down alias tidak bisa diakses hingga bulan berikutnya.

Selain terbatasnya layanan pada masalah teknis, masalah sosial juga akan anda hadapi. Jika anda berniat untuk memiliki usaha dan ingin melakukan pemasaran melalui situs web gratis anda, akan lebih sulit membangun kepercayaan publik atau self-branding sehingga usaha anda tidak akan berkembang secara signifikan dan pesat.

Hosting dari WordPress (berbayar)

WordPress menyediakan 3 paket awal untuk anda yang ingin memiliki situs web yang berbayar dan memiliki berbagai kelebihan dibandingkan situs web gratis.

Melansir dari laman WordPress mengenai biaya web hosting dimulai dari harga Rp.40.000,00 perbulan dengan fasilitas berupa nama domain kustom, fitur penting Jetpack, dukungan langsung melalui email dan chat, ratusan tema gratis, disk space atau ruang penyimpanan 6GB, serta tidak adanya iklan dari wordpress.

Paket termahal yang ditawarkan oleh wordpress berada di angka Rp.330.000,00 perbulan dengan berbagai fasilitas  premium seperti domain kustom, fitur penting Jetpack, dukungan langsung melalui email dan chat, tema tak terbatas, dan kustomisasi desain.

Fitur premium lainnya adalah disk space atau ruang peyimpanan tak terbatas alias unlimited, tidak adanya iklan dari wordpress, dukungan VideoPress, monetisasi situs anda, alat SEO, integrasi dengan Google Analytics, hingga kursus gratis mengenai wordpress.

Fitur-fitur diatas terhitung lebih dari cukup untuk memulai bisnis dari situs web yang akan kita buat.

Hosting dari Perusahaan Hosting lain (berbayar)

Saat ini ada banyak perusahaan hosting yang menyediakn beragam paket pilihan sehingga sangat memanjakan konsumen yang ingin membuat situs web sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan klien.

Dalam post sebelumnya saya pernah menulis beberapa perusahaan hosting yang dapat diandalkan. Dalam link ini ada beberapa perusahaan hosting terbaik yang ada di Indonesia. 

Sesuai dengan subjudul diatas, untuk membuat situs web dengan jasa dari web hosting ada harga sewa yang harus dibayarkan kepada perusahaan hosting. Namun, tidak perlu risau karena harga yang ditawarkan terbilang sangat terjangkau mulai dari Rp.19.000,00 perbulan untuk paket pribadi dengan layanan yang cukup memuaskan.

Bagi anda kalangan pebisnis juga tidak perlu risau jika ingin membuat situs web yang profesional, tidak perlu merogoh kantong dalam dalam karena harga yang ditawarkan sepadan dengan layanan yang ditawarkan.

Beragam variasi pilihan yang didapat berupa besar kecilnya disk space atau ruang simpan data, bandwidth, perangkat keras komputer server, jumlah domain yang ingin dibuat, jumlah email domai, hingga jumlah pengiriman email perhari.

Kualitas hosting dari perusahaan hosting dalam negeri pun tak kalah hebat dan canggih dari perusahaan luar negeri semacam WordPress, Joomla, maupun Drupal. Dengan customer service yang stand-by selama 24 jam seminggu, tentunya tidak akan ada lagi masalah jika anda sewaktu-waktu memiliki masalah terkait situs web yang anda kelola.

Teknologi perangkat lunak dan keras pun juga tak kalah dengan perusahaan hosting luar negeri. Dengan perangkat keras komputer yang sesuai standar seperti penggunaan SSD sebagai pusat penyimpanan data dan perangkat lunak semacam cPanel, dan masa hidup atau up-time selama 99,9% maka memiliki situs web semudah membalik telapak tangan.

jangan lupa membuka laman perusahaan hosting terbaik yang ada di Indonesia untuk mengetahui perusahaan penyedia jasa hosting jika anda ingin membuat situs web untuk anda maupun perusahaan yang anda miliki.

[Best_Wordpress_Gallery id=”2″ gal_title=”Hoster terbaik Indonesia”]

Leave a Reply