Selain Blogspot dan WordPress, Domain ini Juga Gratis lho!

domain apa saja yang gratis

Anda pasti sudah mengenal betul situs web blogspot.com dan wordpress.com yang menyediakan situs subdomain web atau blog yang bisa anda kelola sendiri secara gratis. Namun, tahukah anda ada beberapa domain dengan ekstensi yang bermacam-macam juga disediakan secara gratis?

Berikut adalah 10 contoh situs web yang menyediakan domain secara GRATIS!

1. freedomain.co.nr

Menyediakan domain dengan ekstensi .co.nr 

Didirikan sejak 2003, situs web ini sangat berpengalaman dibidangnya. Jadi, kalian tidak perlu ragu tentang kredibilitas mereka.

Domain gratis mereka hanya bekerja sebagai URL redirection, alias forwarder. Domain ini mendukung meta tags, URL Forwarding, favicon, Google Webmaster Tools, dll. Namun sayang, domain ini tidak lagi mendukung DNS.

2. registry.cu.cc

Menyediakan domain dengan ekstensi .cu.cc

Situs ini menyediakan hingga 100 domain gratis dengan akun biasa dan untuk akun VIP yang berbayar, anda bisa membuat hingga 1000 domain.

3. codotvu.com

Menyediakan domain dengan ekstensi .co.vu

Domain ini menyediakan hingga 3 domain gratis perorang selama 1 tahun. Dengan fitur-fitur yang disediakan seperti Advanced DNS, pemilihan nama domain yang pendek, email forwarding, URL forwading dan layanan bantuan.

4. nom.za

Menyediakan domain dengan ekstensi .nom.za

Di domain ini anda dapat mengecek ketersediaan nama domain yang anda inginkan, sekaligus mendapatkannya secara gratis jika masih tersedia.

5. Biz.nf

Menyediakan domain dengan ekstensi .co.nf

Domain ini berdiri sejak 2008 dan menyediakan free hsoting sebesar 250mb untuk disk space dan Bandwidth 5000mb. Mereka juga menyediakan fitur hosting yang cukup baik, seperti PHP Hosting, MySQL, CGI dan FTP.

Disana kita juga bisa install software semacam dengan perusahaan hosting seperti wordpress, drupal dan joomla dengan fitur site builder yang serupa.

6. freenom.com

Menyediakan domain dengan ekstensi .ga/ .cf/ .ml

Domain ini sangat user friendly alias mudah digunakan. Jika anda sudah nyaman dengan tampilan dan fitur dari freenom.com, anda bisa langsung upgrade ke hosting yang berbayar dan bisa memilih ekstensi sesuai dengan keinginan anda.

Namun patut diketahui bahwa perusahaan hosting ini berada di luar negeri. Lalu apa bedanya dengan hosting lokal alias dalam negeri? dan mengapa lebih baik menggunakan hosting lokal? Anda dapat membaca alasannya di artikel 3 Alasan Memilih Hosting Indonesia.

7. nl.gl

Menyediakan domain dengan ekstensi .nl.gl

Domain ini memberikan kuota hingga 5 domain gratis perorang yang mendaftar di situs mereka. Dengan fitur Full MX, CNAME, A, SOA, TXT, AAAA records, Google Apps dan Microsoft Live, anda cukup dimanjakan dengan fitur yang ada.

8. dnsdot.net

Menyediakan domain dengan ekstensi .dnsdot.net

Domain ini sejenis dan hampir sama dengan domain nl.gl

Fitur, dan layanan yang ditawarkan pun tak begitu jauh berbeda.

9. azote.org

Menyediakan domain dengan ekstensi .asso.st/ .fr.nf/ .fr.cr/ .ze.cx/ .infos.st
Situs web yang berbasis di Prancis ini menggunakan bahasa Prancis di webnya. Namun tenang anda dapat menggunakan Google Translate untuk menerjemahkannya.

Caranya cuku klik di tautan Google Translate azote.org

10. point.ml

Menyediakan domain dengan ekstensi .ml

Domain yang berbasis di Mali ini memiliki misi untuk memajukan Mali pada khususnya, dan bermanfaat bagi masyarakat dunia dengan menyediakan domain secara gratis.

daftar domain gratis untuk anda

sumber: https://makeawebsitehub.com/wp-content/uploads/2015/11/27-reasons-to-set-up-a-blog1.jpg

Kesepuluh situs web yang menyediakan domain secara gratis diatas wajib anda coba sebagai “gladi resik” sebelum benar-benar memutuskan untuk memiliki situs web berbayar anda sendiri. Tapi, namanya juga gratis, jangan berharap layanan yang prima bak hosting berbayar ya.

Amati pula syarat dan ketentuan mereka, karena terkadang ada domain yang menyediakan domain secara gratis hanya di tahun pertama, dan anda diwajibkan membayar atau memeberikan donasi di tahun-tahun berikutnya. Ada pula yang menghapus domain secara random.

Jadi anda tetap harus jeli dan teliti dalam memilih. Namun jika anda sudah memutuskan untuk memiliki situs web dari hosting berbayar yang tentunya sudah teruji kualitas dan layanannya, anda bisa membaca artikel Perusahaan Hosting Terbaik di Indonesia untuk memutuskan kemana anda akan membuka situs web milik anda.

Leave a Reply