SEO Off Page untuk Pemula

Setelah membaca dan memahami SEO On Page untuk Pemula yang sudah saya bahas kemarin, sekarang saatnya membahas optimasi mesin pencari dengan cara kedua, yakni SEO Off Page.

SEO memang terdiri dari 2 cara, yaitu On page yang dilakukan dari dalam website anda sendiri dan Off page yang dilakukan melalui luar website.

Diantara On page dan Off page mana yang lebih penting? dua duanya memegang peranan penting di ranahnya masing masing.

Jika On page bekerja secara internal dengan cara untuk memaksimalkan potensi website itu sendiri, maka Off page bekerja secara eksternal untuk mendapatkan reputasi, dikenal dan mendapatkan rekomendasi dari website lain. Seperti manusia yang adalah makhluk sosial, maka website membutuhkannya juga.

Selain itu, SEO Off page sangat penting agar website kita terindeks oleh Google. Jika website kita sudah terindeks oleh Google maka website kita akan lebih sering muncul di hasil teratas pencarian Google.

Hal ini terjadi karena mesin pencari Google memiliki “karyawan” yang bernama GoogleBot, sebuah robot software yang bertugas untuk crawling alias merayapi internet untuk “membaca” link-link yang tercantum di setiap halaman website.

Dari data yang dikumpulkan oleh GoogleBot disusunlah indeks dan urutan peringkat website. Karena GoogleBot menggunakan link sebagai navigasinya, maka website yang memiliki link dari luar akan mendapat prioritas tinggi.

Sama halnya dengan buku, semakin banyak ia dikutip oleh orang atau buku lain, secara tidak langsung berarti buku itu berkualitas. Semakin banyak website memiliki link luar atau backlink maka semakin berkualitas pula website itu.

SEO On dan Off page untuk pemula

sumber: http://www.buzzleaks.com

Nah, setelah tahu sepintas tentang pentingnya SEO Off page, mari kita bahas 8 cara yang penting dalam SEO Off page.

1. Backlink 

Seperti yang sudah saya tulis di atas, backlink adalah kutipan yang dilakukan dengan cara menyalin URL situs lain ke dalam situs lain. Persis seperti mengutip buku.

Jadi semakin banyak backlink yang didapat oleh website kalian, maka membuktikan semain berkualitasnya website kalian. Orang tidak akan melakukan backlink jika website yang di backlink itu tidak berkualitas bukan? Jadi kualitas artikel di website menjadi kunci.

Tapi GoogleBot tidak begitu saja menjumlahkan seberapa banyak backlink yang ada. Namun juga memperhitungkan beberapa hal, yakni:

  1. Reputasi website yang di backlink dan melakukan backlink
  2. Keaktifan website
  3. Kesamaan topik yang di backlink
  4. Penempatan backlink dalam website (didalam artikel)
  5. Kesamaan bahasa
  6. Umur backlink

Backlink terdiri dari beberapa jenis, seperti contextual link, komentar di blog/website, profile, biografi, widget, iklan, directory, dsb.

Karena itu bermacamnya jenis backlink yang menuju website kalian akan lebih berharga ketimbang 1 jenis backlink dengan jumlah yang banyak.

2. Anchor text dalam backlink

Anchor text adalah teks yang digunakan untuk meletakkan hyperlink (backlink) di suatu website. Anchor text inilah yang dibaca oleh GoogleBot sebagai kata kunci. Website kalian akan mendapatkan poin ekstra jika menggunakan teks anchor.

Namun, penggunaan Anchor text yang berulang-ulang tidak akan menambah poin/hal yang signifikan.

Jika dalam 1 halaman website terdapat Anchor text yang menuju website yang sama, dan keduanya memiliki anchor yang berbeda, maka GoogleBot akan menggunakan/menghitung anchor yang pertama saja.

3. Media Sosial

Rumornya, GoogleBot tidak berkeliaran di media sosial kecuali Google+. Jadi sebenarnya tidak ada gunanya jika kalian membagi link ke media sosial jika bertujuan untuk menambah jenis backlink. 

Kecuali jika tujuan kalian adalah mendapatkan penonton melalui media sosial dan memasarkan website anda di media sosial, maka kalian melakukan hal yang benar.

Masifnya penduduk media sosial memudahkan kalian mendapat perhatian jika membagikan artikel yang berkualitas di media sosial.

4. Reputasi Sosial

GoogleBot bisa memahami sentimen dalam setiap komentar yang ditingalkan di website anda.

Melalui kata kunci tertentu yang menunjukkan respon negatif atau positif yang di tulis oleh orang lain, GoogleBot bisa menentukan artikel kalian termasuk artikel yang bernada negatif atau positif.

Artikel yang memicu sentimen negatif yang cukup besar bisa mendapat hukuman dari Google berupa tidak muncul di hasil pencarian, tidak terindeks hingga blacklist yang dilakukan oleh Google.

Karena itu membuat artikel yang berkualitas dan bernada positif adalah keharusan jika kalian ingin mendapat reputasi yang baik pula oleh Google.

5. Aktivitas di Media Sosial

Website yang banyak dibagikan ke media sosial melalui tautan atau tombol yang tersedia biasanya lebih populer karena banyak orang yang membacanya. Karena itu akan lebih sering muncul di hasil pencarian teratas.

Tapi ingat dengan poin ke 4, sentimen positif atau negatif juga menjadi perhitungan oleh GoogleBot.

6. Tingkah laku di dunia maya

Sejak Goolge melahirkan personalized search, hasil pencarian dalam keywoard yang sama bisa berbeda untuk masing-masing akun Google yang melakukan pencarian.

Hal ini dipengaruhi oleh:

  1. Pernah tidaknya penggunan mengunjungi suatu website
  2. Tingkat Kepuasan pengguna terhadap suatu website
  3. Letak negara dan bahasa yang digunakan
  4. Apakah suatu website yang ia kunjungi pernah di kunjungi atau di bagikan juga oleh temannya

7. Forum

Forum tak banyak berbeda dari media sosial. Hanya saja, forum pasti memiliki topik khusus dan pengguna khusus pula.

Topik dan pengguna khusus ini biasanya hanya fokus membahas 1 hal secara detail hingga masalah/topik yang dibicarakan terselesaikan. Berbeda dengan media sosial yang membicarakan apa saja tanpa ada batasan.

Forum juga adalah tempat untuk membuat konten dan mengarahkan pengunjung untuk menuju website tertentu yang sudah pernah membahas topik yang juga dibahas di forum. Forum bisa digunakan sebagai alat promosi website di kalangan tertentu sehingga mampu mendapatkan lalu lintas pengunjung yang diinginkan.

GoogleBot juga merayapi forum dengan ketentuan seperti backlink, anchor text, sentimen yang ditimbulkan, serta beragamnya jenis backlin yang digunakan serta tentu saja jumlah backlink yang dilakukan oleh pengguna forum itu.

8. Social Bookmark

Social bookmark adalah layanan yang sudah banyak tersebar di dunia maya, di mana pengguna internet bisa mengorganisir, menyimpan, mengelola, serta mencari penanda sumber yang sudah tersedia dalam internet.

Layanan ini dapat mempromosikan website kalian karena pengguna Social bookmark adalah mereka yang aktif di media sosial.

Contoh layanan Social bookmark adalah Digg, Delicious, Pinterest, StumbleUpon, Reddit, dll.

Mesin pencari Google tidak permah mengeluarkan daftar resmi faktor-faktor apa saja yang berpengaruh terhadap peringkat sebuah website, karena itu faktor-faktor didapat dari perkiraan, rumor dan tentu saja coba-coba dari orang yang sudah ahli di dunia SEO.

Jadi yang perlu dilakukan yang pasti akan menghasilkan buah yang positif adalah teruslah menulis artikel dengan kualitas yang baik, dengan begitu maka orang-orang akan banyak berkunjung ke website anda dengan sendirinya.

SEO Off dan On page adalah

Leave a Reply