SEO On Page untuk Pemula

SEO on page gampang untuk pemula

sumber:http://myvigour.com

SEO On Page adalah Optimasi mesin Pencari yang difokuskan pada penulisan, penamaan dan tampilan di dalam website. Jadi untuk artikel kali ini akan lebih berfokus di dalam website kalian sendiri-sendiri.

Seberapa penting kita memahami SEO On Page? Teknik optimasi ini dilakukan secara sistematis, terstruktur dan terencana yang bertujuan untuk meningkatkan lalu lintas keluar masuk sebuah situs web yang dilakukan dari dalam.

SEO On Page tidak harus selalu pada optimasi tulisan artikel, namun tampilan situs web juga harus diperhatikan untuk lebih responsif/ramah pada berbagai jenis gadget pengguna internet. Tampilan berpengaruh cukup besar dalam sukses tidaknya SEO On Page.

Anda juga bisa membaca SEO Off Page untuk Pemula agar anda mengetahui dua kategori SEO ini.

Jika dijabarkan, penulisan, penamaan dan tampilan dapat di uraikan ke dalam 14 jenis cara optimasi sebagai berikut:

1. Pikirkan baik-baik desain situs web anda

Desain website yang baik dan rapi dapat membuat pengunjung merasa nyaman dan betah berlama-lama nongkrong di website anda. Dengan begitu mereka pun secara tidak sadar akan terus membaca atau membaca artikel lain di website anda.

Sebaiknya gunakan warna-warna pastel seperti merah kayu, biru, hijau, atau coklat sebagai warna dasar. Serta jangan gunakan warna hitam sebagai warna dasar untuk tulisan. Gunakan warna putih sebagai latar belakang tulisan dan usahakan menggunakan warna hitam untuk tulisannya. Selain itu pasanglah widget agar website anda terlihat lebih interaktif.

[Best_Wordpress_Gallery id=”3″ gal_title=”Warna untuk website”]

 

Warna-warna yang sebaiknya anda gunakan untuk latar belakang website anda

 2. Pasang dynamic heading, breadcrumbs dan related post 

Dynamic heading adalah kop atau kepala post yang menarik dan interaktif. Untuk lebih lanjut anda bisa membacanya di artikel Dynamic heading

Breadcrumbs adalah sebuah bar yang biasanya terletak di atas judul yang menunjukkan posisi dimana pengunjung sekarang. Breadcrumbs menyediakan link penghubung untuk menavigasikan pengunjung di mana ia bisa kembali ke halaman selanjutnya atau halaman induk dari halaman atau kategoru artikel/halaman dimana ia berada.

Untuk lebih lanjut, kalian bisa membacanya di artikel Breadcrumb.

Related post adalah hyperlink yang jika di klik akan membuka tab baru untuk menuju post yang ada di website kita (inner link) yang bertujuan agar pengunjung terus membaca artikel yang ada di dalam website kita. Untuk lebih lanjut anda bisa membacanya di artikel Related Post.

3. Berikan layanan navigasi pada situs web anda

Navigasi disini maksudnya adalah semua hal yang mengarah ke website anda, seperti membuat peta website, membuat link yang saling terkait (related post), breadcrumbs, dan kotak pencarian. Sehingga pengunjung website anda akan lebih mudah menemukan konten lain yang ada di website anda.

4. Perhatikan kecepatan loading situs web kalian

Besar kecilnya file yang disimpan untuk website menjadi faktor penentu berat atau ringannya sebuah website dimuat (load). Semakin besar file, semakin lama juga website anda di muat oleh pengunjung. Walaupun kecepatan internet pengunjung juga mempengaruhi.

Selain mempengaruhi lamanya waktu website anda dimuat, semakin besar file yang disimpan juga akan memboroskan bandwidth anda. Bacalah artikel Cara Hemat Bandwidth ini agar kuota bandwidth anda selamat, dan pengunjung pun tidak perlu menunggu terlalu lama untuk memuat website anda.

Karena pengunjung website juga tidak mau menunggu terlalu lama untuk memuat website anda, jika para pengunjung itu bosan menunggu, bukan tidak mungkin para pengujung membanting setir ke website sebelah untuk membaca artikel serupa dengan artikel di website anda.

5. Buatlah judul artikel yang menarik dan informatif

Buatlah judul artikel yang menarik perhatian pengunjung, namun jangan tulis artikel yang bikin emosi alias ga nyambung dengan isi judul artikel. Hal ini menyebabkan pengunjung tidak akan mau datang ke website kalian untuk kedua kalinya.

Gunakan title tage (awal kalimat) sebagai tempat pertama untuk meletakkan kata kunci. Hal ini ditujukan untuk untuk menarik pengunjung dan agar mesin pencari google akan lebih mudah menemukan website kalian.

Namun, jangan “maksa” meletakkan kata kunci didepan karena, kalau “maksa” bisa bisa kalimat anda tidak masuk akal  😆

6. Pasang Meta Tag yang diperlukan

Memasang meta tag memungkinkan mesin pencari akan lebih mudah menemukan kata kunci yang kalian tulis di website. Pasanglah meta tag yang sekiranya dibutuhkan oleh website kita seperti Meta Description dan Meta Keyword. Jangan lupa tentang meta tag verifikasi kepemilikan situs seperti Google Webmaster Tools.

Untuk lebih lanjut anda bisa membaca Cara mendaftar Google Webmaster Tools.

7. Penempatan key word atau kata kunci di tempat yang tepat

Penempatan kata kunci yang berulang dan memiliki beberapa variasi dan diletakkan di 3 tempat strategis yakni di Judul, awal artikel, tengah artikel dan akhir atikel juga akan menaikkan kesempatan untuk lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari.

8. Maksimalkan penggunaan internal dan eksternal link

Internal link digunakan untuk menghubungkan antar posting didalam website yang sama. Hampir mirip dengan related post, hanya beda penempatannya saja. Jika internal di dalam artikel, maka related post ada di bawah/akhir halaman website.

Sementara eksternal link ada;ah link yang mengarah atau redirect ke luar website kalian. Ditujukan agar pengunjung lebih mudah menemukan kaitan dari artikel yang sedang dibaca. Kalian bisa menemukan beberapa internal dan eksternal link di artikel ini.

9. Gunakan gambar sebagai key word

Gunakan Title text dan Alt tag untuk setiap gamabr di artikel kalian. Hal ini ditujukan untuk membantu memperkuat kata kunci dari artikel kita. Juga agar pengunjung dapat menemukan website kita jika mereka mencari melalui gambar.

Title text dan Alt tag adalah judul dan deskripsi gambar yang akan muncul jika kursor diarahkan pada gambar yang ada di website kita.

10. Aktifkan Meta Deskripsi dan Deskripsi Penelusuran

saat kalian mengaktifkan fitur meta deskripsi maka secara otomatis deskripsi penelusuran akan muncul setiap kali kalian membuat artikel.

Meta Deskripsi digunakan untuk menempatkan deskripsi website kalian, sedangkan deskripsi penelusuran berguna untuk menempatkan deskripsi dari judul artikel yang kita buat.

Manfaatkan sebaik mungkin fitur ini karena deskripsi juga bisa menjadi rujukan kedua setelah judul artikel.

11. Buatlah permalink yang SEO friendly

Permalink (URL) atau tautan permanen adalah alamat dari halaman artikel yang kita buat. Pentingnya URL yang SEO friendly karena mesin pencari juga akan mencari melalui link yang ada, jadi semakin mirip kata kunci yang dicari dengan link website yang ada, maka akan semakin besar pula kesempatan untuk muncul di hasil pencarian teratas.

Contoh permalink yang bagus adalah link dari artikel ini (lautanhost.com/seo-on-page-untuk-pemula/) tidak terpotong seperti lautanhost.com/seo-on-page-untuk/ semakin sesuai dengan kata kunci yang dicari, maka kesempatan website kalian nampang di pencarian terbatas juga akan semakin besar.

SEO on Page mudah

12. Kualitas dan Kuantitas Artikel dalam situs web juga mempengaruhi

Dengan banyaknya artikel yang ada di website anda, maka semakin besar pula kesempatan website anda dikunjungi oleh pengguna internet. Karena itu kuantitas artikel didalam website anda sangat penting.

Tapi jangan menulis artikel yang kurang berkualitas. Apalagi artikel yang menipu seperti judul dan isi artikelnya tidak berhubungan sama sekali. Artikel yang berkualitas akan membuat orang mengingat alamat website anda, sehingga mereka mau untuk berkunjung ke website anda untuk yang kedua, ketigakali dan seterusnya.

13. Daftarkan situs web anda pada Google analytic dan feedburner

Google Analytic adalah layanan untuk melihat statistik dari website anda. Mulai dari statistik pengunjung website anda hari ini, pengunjung di artikel tertentu, hingga di jam jam mana website anda paling banyak dikunjungi.

Statistik ini penting diketahui, terutama bagi mereka yang bergerak di bisnis online dan para pencari uang di internet karena lewat layanan ini kita bisa mengetahui statistik website kita. Untuk cara mendaftarkan website anda ke Google Analytic bisa dibaca di artikel Cara daftar Google Analytic.

Sedangkan Feedburner adalah layanan optimasi SEO on page yang direkomendasikan. Salah satu layanan besutan Google ini adalah memudahkan pengunjung blog anda berlangganan semua artikel anda dengan cara yang mudah. Selain itu hal ini akan mempercepat situs anda di index oleh Google.

Untuk cara mendaftarkan website anda ke Feedburner bisa dibaca di artikel Cara Daftar di Feedburner.

14. Pastikan pada akhir artikel anda terdapat link yang menuju home page yang mengandung kata kunci blog anda

Poin ini memiliki alasan yang hampir sama dengan poin ke 8, namun dengan meletakkan link yang menuju home page atau halaman awal website anda akan memudahkan pengunjung pergi ke halaman depan juga agar pengunjung ingat dengan website kita.

Kurang lebih untuk alasan brand awareness. Dengan begitu, pengunjung akan ingat dengan website anda. Sehingga jika pengunjung teringat akan artikel tertentu di website anda, mereka akan segera mencari atau membuka website anda secara langsung, tanpa mencarinya di Google terlebih dahulu.

Setelah anda membaca dan mencoba menerapkan SEO On Page pada website anda, niscaya lalu lintas atau traffic ke situs web anda akan meningkat. Namun, bukan berarti anda bisa bersantai setelah menerapkan 14 cara diatas ya, karena mungkin diluar sana masih banyak cara optimasi SEO On Page yang lain.

Tapi jangan asal menerapkan cara atau trik yang anda temukan di internet, karena bisa saja itu malah berakibat buruk pada website anda. Baca dan cermati mana yang kira-kira masuk akal sehingga anda tidak akan terjebak pada cara yang menyesatkan.

Teruslah belajar dan mencari! Semoga berhasil!

SEO ON PAGE SIMPLE

sumber: http://www.digitalvidya.com

 

Leave a Reply