Seperti Apa Nama Domain yang Cocok untuk Bisnis Anda?

domain yang bagus seperti apa

sumber: http://www.michaelpage.com.au

Anda memiliki bisnis yang mulai berkembang dan ingin mengembangkannya ke pasar yang lebih luas? Jika ya, maka anda memerlukan sebuah situs web. Sebuah situs web dapat diakses kapan saja tanpa ada jam buka dan tutup, dimana saja selama masih terjangkau oleh jaringan internet dan tentunya oleh siapa saja. Hal ini tentunya sangat membantu pemasaran produk dari bisnis anda agar mudah dikenali oleh masyarakat luas.

Untuk memulainya, anda harus mengerti mengenai hosting yang bisa anda baca di artikel Apa itu Hosting sehingga anda akan lebih familiar dengan apa yang harus anda lakukan selanjutnya..

Sebelumnya saya sudah pernah menulis mengenai Tips Memilih Nama Domain yang Tiada Duanya namun, tips-tips tersebut lebih mengarah ke nama domain yang umum. Namun jika anda mau, anda juga bisa memperhatikan tips-tips saya diatas sebagai bahan pertimbangan.

Nah, di artikel kali ini, saya akan membahas tips-tips nama domain yang khusus dibuat untuk bisnis anda.

Dalam artikel ini akan ada 6 tips yang akan saya bagikan untuk anda semua.

1. Bisnis di bidang apa?

Hal ini sangat penting untuk diperhatikan. Kenapa? Karena hal ini yang akan mempengaruhi seluruh situs web anda. Dari nama, tema tampilan, hingga keseluruhan isi situs web anda. Jika anda sudah mengetahui di bidang apa bisnis anda bergerak maka kini tinggal menyisipkan jenis bisnis anda di nama domain atau tidak. Sebenarnya tidak ada perbedaan yang sangat mencolok.

Saya tidak ingin menyiratkan bahwa menyebutkan jenis bisnis di nama domain itu bagus, ataupun sebaliknya, menjadi tidak menarik. Semua ini tergantung jenis bisnis anda.

Contohnya adalah Pak Kusno memiliki bisnis dengan jenis usaha menjual batik bermerk Juwono, kemudian dia memberi nama domainnya batikjuwono.com. Disisi lain, Pak Kris memiliki bisnis jasa studio rekaman Arjuna. Kemudian dia menamai domainnya studiorekamanarjuna.com  memang terlihat jelas, namun sangat tidak efisien karena namanya yang terlalu panjang, berbeda dengan nama domain pak Kusno yang pendek dan mudah diingat.

Maka kembali ke prinsip, menyebutkan atau tidak menyebutkan. Ingat, jika nama merk anda kuat, mudah diingat, simpel dan kreatif, maka itu bisa menjadi nama domain yang kuat dan memiliki value/nilai yang tinggi pula.

Kebanyakan orang yang mencantumkan jenis usaha mereka di nama domain hanya mengejar SEO (Search Engine Optimization) atau optimasi mesin pencari agar situs mereka keluar di pencarian. Namun, lebih dari itu, direct traffic atau lalu lintas langsung yang masuk ke situs anda lebih dapat menguatkan brand image di masyarakat.

2. Nama merk sebaiknya menjadi nama domain

Seperti yang sudah saya singgung di poin pertama tadi, agar menciptakan kesan brand awareness atau keberadaan merk bisnis anda, maka ada baiknya nama merk anda dijadikan nama domain. Hal ini juga ditujukan sebagai hak cipta agar orang lain tidak memiliki merk yang sama meski berbisnis di bidang yang berbeda.

Karena itulah sangat penting untuk memikirkan merk anda matang-matang sebelum membuka bisnis anda. Bagi anda yang sudah terlanjur menggunakan merk tersebut namun sudah dimiliki oleh orang lain, maka solusinya adalah mengubah nama, atau menambahi merk anda agar berbeda dari orang lain. Juga berlaku untuk nama domain anda.

Contohnya seperti yang dialami pak Kusno di poin pertama tadi, Juwana, seperti yang sudah kita ketahui adalah salah satu merk bandeng presto yang sangat terkenal dari Semarang, Jawa Tengah. Karena itu pak Kusno mengganti sedikit huruf vokalnya menjadi Juwono, dan menambahkan jenis usahanya yakni batik. Nama domain yang jadi adalah batikjuwono.com

Selain mengganti nama, anda juga dapat memilih ekstensi yang sedikit berbeda, misal anda memiliki usaha yang sama persis seperti pak Kusno, namun karena nama domain batikjuwono.com sudah dipakai pak Kusno, maka anda menggunakan nama domain juwonobatik.id  hal seperti ini bisa dilakukan, namun sangat tidak saya sarankan.

Tidak saya sarankan karena jika pihak pak Kusno tidak terima nama merknya digunakan oleh orang lain, pak Kusno dapat menuntut si penjiplak merk dengan pasal perlindungan hak cipta merk.

 3. Simpel dan Unik

Menjadi unik dan satu-satunya pasti memiliki nilai lebih. Selain mudah diingat, orang-orang juga pasti akan langsung merujuk pada satu benda produk bisnis anda jika ada orang lain yang menyebutkan/menyiratkan nama merk anda.

Contoh mudahnya adalah, jika ada orang yang menyebut nama Google. Apa yang ada dipikiran anda? pasti sebuah layanan mesin pencari di internet bukan? tanpa menyebutkan secara lengkap “Mesin pencari di internet bernama Google” orang-orang sudah mengetahui apa itu Google. Sama halnya dengan merk sepatu Nike dan Adidas atau merk lain seperti Honda atau Go-Jek.

4. Gunakan ekstensi yang tepat!

apa itu domain?

sumber: http://i.imgur.com/Cs5gWSK.jpg

Ada banyak jenis ekstensi di dunia hosting. Diantara banyak hosting, ada beberapa jenis ekstensi yang masuk ke kategori paling populer. Menggunakan ekstensi yang populer tentu saja dapat meningkatkan arus lalu lintas yang masuk/mengunjungi situs web anda.

Anda dapat membaca jenis-jenis ekstensi yang populer atau sering disebut Domain TLD (Top Level Domain) di artikel Apa itu Domain TLD?

5. Jangan menggunakan trademark/brand lain

Seperti yang sudah saya singgung di poin kedua, pelanggaran hak cipta adalah pelanggaran yang cukup serius. Selain anda diharuskan untuk mengubah merk anda, anda juga diwajibkan untuk membayar royalti dan biaya denda.

Sehingga, lebih baik gunakan nama domain merk anda sendiri dan tidak meniru merk terkenal yang lain demi menaikkan rating SEO yang tidak seberapa signifikan.

6. Gunakan domai.nr dan nameboy.com

Anda masih bingung bagaimana membuat domain yang tepat untuk bisnis anda walaupun sudah membaca 5 tips saya di atas? Anda bisa menggunakan bantuan dari domai.nr atau nameboy.com

Kedua situs diatas adalah situs yang akan membantu anda dalam membuat nama domain yang cocok. Tinggal masukkan kata kunci yang anda inginkan, maka kedua situs tersebut akan secara otomatis mencarikan padanan/gabungan kata kunci yang kemudian akan dijadikan nama domain yang tepat sekaligus mengecek apakah domain tersebut sudah dipakai orang atau belum.

Jangan anggap remeh kemampuan dari dua situs tersebut, karena kedua situs tersebut akan secara otomatis membuat dan mencarikan nama domain yang unik dan belum pernah ada sebelumnya. Bagian yang menyenangkan adalah anda tidak perlu membayar sepeserpun untuk jasa tersebut. Urusan mencari dan mengecek domain pun bisa diringkas dalam satu situs web.

Sekarang setelah anda memiliki ide mau seperti apa nama domain anda, saatnya memilih kira-kira dimana anda akan membuat situs web anda di perusahaan hosting.

Jika anda masih bingung dalam menentukan mau kemanakah anda melabuhkan pilihan perusahaan hosting, anda dapat membaca artikel Ciri-Ciri Perusahaan Hosting yang Berkualitas agar anda tidak bingung lagi harus kemana untuk membangun situs web anda.

Sekarang, jika anda sudah tau apa saja ciri-ciri perusahaan hosting yang berkualitas, maka anda dapat membaca daftar Perusahaan Hosting Terbaik di Indonesia yang tentu saja menawarkan berbagai pilihan dan kemudahan dalam membangun situs web anda sendiri.

Leave a Reply